Analisis Fiil Madhi Dalam Surat Al-Fatihah Serta Penjelasannya

Fiil Madhi Dalam Surat Al-Fatihah

Fiil Madhi Dalam Surat Al-Fatihah | Pada tulisan ini tidak akan dijelaskan mengenai apa itu fiil madhi karena penjelasan tentang ini telah dibahas pada tulisan sebelumnya, jika anda masih bingung apa itu fiil madhi silahkan lihat pada postingan sebelumnya yang berjudul Kalimat Fiil Madhi : Pengertian Beserta Contohnya dimana disana sudah dijelaskan secara gambalang mengenai fiil madhi.

Tulisan ini akan mencoba mempraktikan materi fiil madhi tersebut dengan cara menganalisis fiil madhi dalam surat al-Fatihah sehingga diharapkan anda bisa lebih memahami kaidah ilmu nahwu tentang fiil madhi dan bagaimana penerapannya dalam kalimat bahasa arab.

Analisis Fiil Madhi Dalam Surat Al-Fatihah Serta Penjelasannya

Analisis Fiil Madhi

Surat alfatihah sendiri terdiri dari 7 ayat, disana terdapat kalimat isim, fiil dan huruf. Yang termasuk ke dalam kalimat fiil ada 4, untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini : Fiil Dalam Surat Fatihah Dan Penjelasannya

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari pembahasan fiil dalam surat al-fatihah yang telah dibahas sebelumnya, dan disini yang akan dibahas adalah bagian fiil madhi.

Adapun fiil madhi dalam surat al-fatihah hanya ada satu yaitu kalimat أَنْعَمْتَ. Kalimat أَنْعَمْتَ sebenarnya terbentuk dari suku kata yaitu أَنْعَمَ sebagai fiil dan تَ sebagai fa’il, disini saya anggap kalian sudah faham apa itu fiil dan fa’il, jika masih belum tahu silahkan lihat pada postingan sebelumnya atau silahkan cari di kolom pencarian.

Baca Juga :   Pengertian Istitsna Dalam Ilmu Nahwu

Lafadz أَنْعَمَ berasal dari lafadz نَعَمَ kemudian dimasukan ke dalam wazan أَفْعَلَ sehingga menjadi أَنْعَمَ. Selanjutnya lafadz أَنْعَمَ tersebut dimasuki Dhomir muttasil marfu’ mufrad mudzakar mukhotob yaitu huruf تَ, dalam kaidah ilmu sharaf jika kalimat fiil madhi dimasuki dhomir maka ujung harakatnya harus disukunkan sehingga menjadi أَنْعَمْتَ yang artinya “Engkau beri nikmat”.

Dari penjelasan di atas kiranya sudah jelas mengenai kalimat apa yang termasuk ke dalam fiil madhi dalam surat al-fatihah dan bagaimana penjelasannya.

Demikian pembahasan singkat mengenai fiil mashi dalam surat al-fatihah ini, semoga bisa difahami oleh teman-teman yang sedang belajar bahasa arab. jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan tanyakan di kolom komentar. Waallahu A’lam Bishawaab.

 

Yang dicari:

Analisis Fiil Madhi Dalam Surat Al-Fatihah Serta Penjelasannya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: