Apa Makna Nisfu Syaban Bagimu ?

Makna Nisfu Syaban Bagi Umat Islam

Makna Nisfu Syaban – Bulan sya’ban adalah bulan dengan urutan ke delapan dalam kalender hijriyah. Nama “Sya’ban” sendiri berari “pemisahan”, dimana orang-orang arab dahulu gemar berpisah atau berpencar pada bulan ini untuk mencari air. Umat islam sendiri meyakini bahwa bulan sya’ban memiliki keistimewaan tersendiri dibanding dengan bulan lainnya. Berdasarkan hadits nabi, salah satu keistimewaan bulan sya’ban adalah adanya nisfu sya’ban dimana pada malam ini rahmat Allah akan turun ke langit dunia dan semua dosa akan diampuni.

Sebaiknya kita menanggapi malam nisfu sya’ban dengan lebih bijaksana, kita tidak perlu tenggelam dalam perdebatan yang terus berlarut, apakah itu sunnah atau bid’ah, dan lucunya itu terus berulang setiap tahun. Ada peribahasa mengatakan “kepala sama berbulu otak berlainan”, kiranya ini bisa menjadi penengah yang baik antara golongan yang pro dan kontra.

Makna Nisfu Syaban Bagi Umat Islam

Makna Nisfu Sya’ban

Secara bahasa arti kata “nisfu sya’ban” adalah setengah bulan sya’ban atau pertengahan bulan sya’ban, maka yang dimaksud dengan malam nisfu sya’ban itu sendiri adalah perayaan yang biasa dilakukan pada malam hari oleh umat islam yang bertepatan dengan pertengahan bulan sya’ban. Jumlah hari pada bulan sya’ban sendiri adalah 29 hari hari sehingga malam nisfu sya’ban terjadi pada malam tanggal 15 sya’ban.

Baca Juga :   Bacaan Doa Iftitah Dan Artinya Lengkap

Baca juga : Doa Malam Nisfu Syaban Dan Terjemahannya Lengkap

Berdasarkan hadits nabi, Unsur utama dalam makna nisfu syaban itu sendiri mengandung makna Laylatul Bara’ah yang berarti “malam pembebasan” dimana yang dimaksud dengan pembebasan disini tentunya adalah pembebasan dari dosa. Dosa yang dimaksud disini tentunya dosa yang sifatnya hablun minaallah “yang berhubungan langsung dengan Allah” karena yang berhubungan langsung dengan manusia tentunya kita harus meminta ma’af langsung kepada yang bersangkutan.

Baca juga : Amalan Malam Nisfu Syaban Dan Tata Caranya

Sangat wajar sekali Allah SWT menaruh Laylatul Bara’ah pada bulan nisfu sya’ban karena setelahnya kita akan menghadapi bulan yang paling mulia yaitu bulan ramadhan sehingga dengan adanya pengampunan dosa pada malam nisfu sya’ban tentunya ini akan menyempurnakan ibadah puasa kita pada bulan suci ramadhan, dan inilah makna nisfu syaban yang perlu kita perhatikan. Waallahu A’lam Bishawaab, .

Yang dicari:

Advertisement
Apa Makna Nisfu Syaban Bagimu ? | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: