Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu al-Quran ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu al-Quran ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu al-Quran – Bagi sebagian pelajar, terutama mahasiswa, al-quran tidak hanya dipandang sebagai mukjizat nabi Muhammad atau juga kitab suci semata, namun lebih dari itu al-quran juga merupakan sumber pengetahuan yang bisa digali lebih dalam lagi sehingga apa yang belum terungkap dalam al-quran pada zaman dahulu kini bisa dibuktikan secara ilmiah.

Apa yang dimaksud dengan ilmu al-quran

ilmu-ilmu al-quran

Untuk mengkaji isi kandungan al-quran, kita tidak bisa seenaknya mengupas ayat-ayat al-quran tersebut. Untuk mengkajinya, kita membutuhkan ilmu-ilmu al-quran sebagai pisau yang akan mengupas terhadap isi al-quran tersebut. Lalu, apa yang dimaksud dengan ilmu al-quran tersebut ? Munkin pertanyaan seperti itu muncul bagi teman-teman yang belum banyak berkecimpung dalam kajian al-quran.

Yang dimaksud dengan ilmu al-quran secara sederhananya ialah semua ilmu yang ada keterkaitannya dengan al-Quran itu sendiri, baik dari segi turunnya, penghimpunannya, penyusunannya, kodifikasinya, sebab-sebab turunnya (asbab an-nuzul), ayat yang turun di makkah (makiyyah) atau di madinah (madaniyyah), nasikh dan mansukh, muhkam dan mutasyabih dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Perintah Berlaku Adil Dan Taqwa Dalam Dalam Al-Quran

Secara sederha itulah apa yang dimaksud dengan ilmu al-quran, untuk lebih lengkapnya temen-teman bisa baca bukunya “pengantar ilmu-ilmu al-quran” tulisannya Moch. Ali Ash-Shabuni.

Advertisement
Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu al-Quran ? | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: