Ayat Al-Quran Tentang Ikhlas Dalam Beribadah

Ayat Al-Quran Tentang Ikhlas

Ayat Al-Quran Tentang Ikhlas – Manusia adalah makhluk tuhan yang mempunyai kewajiban untuk beribadah di bumi ini, akan tetapi Allah tidak akan menerima ibadah seorang hambanya jika ibadah yang dilakukan oleh hambanya tersebut tidak dilakukan dengan ikhlas. Jadi, ikhlas merupakan ruhnya ibadah, tanpa ada ikhlas dalam hati kita maka setiap ibadah yang kita lakukan akan sia-sia dimata Allah SWT.

Baca Juga : Ayat al Quran Tentang Ilmu

Ayat Al-Quran Tentang Ikhlas

Ayat Tentang Ikhlas

Anjuran akan ibadah dengan ikhlas ini sesuai dengan perintah tuhan yang termaktub dalam ayat-ayat al-Quran. Adapaun Ayat Al-Quran Tentang Ikhlas ini adalah sebagai berikut :

  • Perintah Ikhlas Dalam Beribadah

– Surat al-baqarah ayat 139

قُلْ أَتُحَاجُّونَنَا فِي اللَّهِ وَهُوَ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ وَلَنَا أَعْمَالُنَا وَلَكُمْ أَعْمَالُكُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُخْلِصُونَ (١٣٩)

Katakanlah: “Apakah kamu memperdebatkan dengan Kami tentang Allah, Padahal Dia adalah Tuhan Kami dan Tuhan kamu; bagi Kami amalan Kami, dan bagi kamu amalan kamu dan hanya kepada-Nya Kami mengikhlaskan hati,

– Surat Al-A’raf ayat 29

قُلْ أَمَرَ رَبِّي بِالْقِسْطِ وَأَقِيمُوا وُجُوهَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ كَمَا بَدَأَكُمْ تَعُودُونَ (٢٩)

Katakanlah: “Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan”. dan (katakanlah): “Luruskanlah muka (diri)mu[A] di Setiap sembahyang dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya. sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah kamu akan kembali kepadaNya)”.

[A] Maksudnya: tumpahkanlah perhatianmu kepada sembahyang itu dan pusatkanlah perhatianmu semata-mata kepada Allah.

– Surat Az-Zumar ayat ayat 2, 11 dan 14

إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ (٢)

sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya.

قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ (١١)

Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama.

قُلِ اللَّهَ أَعْبُدُ مُخْلِصًا لَهُ دِينِي (١٤)

Katakanlah: “Hanya Allah saja yang aku sembah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agamaku”.

  • Mohon Dapat Ikhlas Dalam Beribadah

– Surat Al-Isra’ ayat 80

وَقُلْ رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا (٨٠)

dan Katakanlah: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong[A].

[A] Maksudnya: memohon kepada Allah supaya kita memasuki suatu ibadah dan selesai daripadanya dengan niat yang baik dan penuh keikhlasan serta bersih dari ria dan dari sesuatu yang merusakkan pahala. ayat ini juga mengisyaratkan kepada Nabi supaya berhijrah dari Mekah ke Madinah. dan ada juga yang menafsirkan: memohon kepada Allah s.w.t. supaya kita memasuki kubur dengan baik dan keluar daripadanya waktu hari-hari berbangkit dengan baik pula.

  • Ikhlas Dalam Berinfak

-Surat Al-lail ayat 18-20

الَّذِي يُؤْتِي مَالَهُ يَتَزَكَّى (١٨)وَمَا لأحَدٍ عِنْدَهُ مِنْ نِعْمَةٍ تُجْزَى (١٩)إِلا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِ الأعْلَى (٢٠)

yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya,

Padahal tidak ada seseorangpun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya,

tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhaan Tuhannya yang Maha tinggi.

Baca Juga : Ayat Al Quran Tentang Sabar

Demikian beberapa Ayat Al-Quran Tentang Ikhlas, semoga kita termasuk golongan hamba yang senantiasa bisa ikhlas dalam setiap ibadah yang kita lakukan.

Baca Juga :   Ayat Quran Tentang Wanita Solehah
Advertisement
Ayat Al-Quran Tentang Ikhlas Dalam Beribadah | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: