Ayat AlQuran Tentang Akhlak Nabi Muhammad

Ayat AlQuran Tentang Akhlak Nabi Muhammad SAW

Ayat AlQuran Tentang Akhlak Nabi Muhammad – Nabi Muhammad adalah nabi sekaligus rasul paling akhir dari sekian banyak nabi yang diturunkan oleh Allah SWT ke dunia ini. Tugas utama nabi Muhammad diutus adalah menyampaikan risalah kenabian yang Allah turunkan melalui wahyu yang disampaikan oleh malaikat jibril.

Namun sesungguhnya Ada misi lain yang lebih urgen kenapa nabi muhammad diutus yaitu untuk menyempurnakan akhlak seluruh umat manusia di dunia ini. Sebagaimana sabna beliau yang berbunyi “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang sholeh”. (HR: Bukhari dalam shahih Bukhari kitab adab, Baihaqi dalam kitab syu’bil Iman dan Hakim).”

Ayat AlQuran Tentang Akhlak Nabi Muhammad

Ayat Tentang Akhlak Nabi Muhammad

Allah SWT menegaskan dalam al-quran bahwa nabi Muhammad memiliki akhlak atau budi pekerti yang sangat agung. Ayat alquran tentang akhlak nabi Muhammad ini terdapat dalam surat al-qalam ayat 4 yang berbunyi :

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ

dan Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.

Akhlak yang baik nan mulia merupakan dambaan setiap orang, jika kita memiliki akhlak yang baik maka kita akan mendpatkan kebahagiaan baik di dunia mapun di akhirat. Untuk itulah, kita tidak perlu lagi meragukan akan kegungan dan kemulian akhlah nabi Muhammad karena dalam ayat lain juga terdapat ayat tentang akhlak nabi Muhammad yang terdapat dalam surat al-ahzab ayat 21 yang berbunyi :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.

Dengan budi pekerti yang dimiliki oleh nabi diharapkan semua umat manusi bisa mencontohnya sehingga terciptalah kehidupan umat manusia yang aman dan damai, karena pada hakikatnya nabi Muhammad diutus adalah sebagai rahmat bagi sekalian alam.

Allah swt menegaskan dalam surat al-anbiya ayat 107 :

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

dan Tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Demikian ayat alquran tentang akhlak nabi Muhammad SAW yang menjadi panutan bagi kita semua.

Baca Juga : Ayat Quran Tentang Umrah

Yang dicari:

Advertisement
Ayat AlQuran Tentang Akhlak Nabi Muhammad | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: