Ayat Mengenai Doa Ashabul Kahfi Dalam Al-Quran

Ayat Mengenai Doa Ashabul Kahfi Dalam Al-Quran

Doa Ashabul Kahfi – Ashabul kahfi adalah sekelompok yang berjumlah 7 orang yang beriman kepada Allah AWT yang hidup di tengah-tengah lingkungan yang penuh dengan kekafiran dan kemusyrikan. Ketujuh kelompok tersebut ialah : Martinus, Maxalmena, Kastunus, Danimus, Bairunus, Yathbunus dan Thamlika, Serta seekor anjing bernama Kithmir yang mana anjing ini dipercaya sebagai satu-satunya anjing yang masuk Surga. Mereka hidup pada masa raja yang kejam bernama raja Dikyanus. Raja Dikyanus memerintahkan semua rakyatnya untuk menyembah berhala akan tetapi kelompok ashabul kafi ini tidak mau mengikuti perintah sang raja.

Raja Dikyanus mengetahui bahwa kelompok ashabul kahfi tidak mau menyembah berhala sebagaimana yang diperintahkannya, akhirnya sang raja pun memerintahkan untuk menangkap kelompok ashabul kahfi lalu kemudian akan dibunuh. Mengetahui akan dibunuh oleh sang raja, maka kelompok ashabul kahfi pun melarikan diri kemudian mereka tinggal di dalam sebuah gua. Mereka bisa beribadah dengan bebas di dalam gua tersebut, dalam peribadahannya tersebut, kelompok ashabul kahfi berdoa kepada Allah SWT yang mana doanya ini termaktub dalam al-Quran surat al-Kahfi ayat 10.

Doa Ashabul Kahfi Dalam Al-Quran

Doa Ashabul Kahfi Dalam Al-Quran

Adapun doa ashabul kahfi tersebut dalam al-Quran adalah sebagai berikut :

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا (١٠)

(ingatlah) tatkala Para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada Kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi Kami petunjuk yang Lurus dalam urusan Kami (ini).” (al-Kahfi ayat 10.)

Selama dalam pelarian tersebut, dikisahkan bahwa kelompok ashabul kahfi ini tertidur selama 309 tahun hijriyah atau sekitar 300 tahun dalam hitungan masehi. Ini adalah sesuatu hal amat mustahil jika hanya terjadi tanpa ada campur tangan Allah SWT yang maha kuasa terhadap segala sesuatu.

Setelah lama mereka tertidur, akhirnya mereka bangun dan mendapati penduduknya yang sudah beriman kepada Allah SWT. Raja Dikyanus yang kejam beserta masyarakatnya yang menyembah berhala telah musnah dan diganti dengan masyarakat yang hidup damai, beriman kepada Allah dan menjalankan perintah-perintahnya.

Baca Juga : Kisah Singkat Dan Doa Nabi Yunus Di Dalam Perut Ikan

Doa ashabul kahfi yang terdapat dalam al-Quran di atas juga bisa kita amalkan dalam setiap doa yang kita panjatkan pada Allah SWT.

Yang dicari:

Advertisement
Ayat Mengenai Doa Ashabul Kahfi Dalam Al-Quran | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: