Ayat Tentang Kisah nabi Sulaiman, Do’a Dan Tuduhan Yahudi Pada Nabi Sulaiman

Kutipat Ayat Al-Quran Tentang Kisah, Do’a Dan Tuduhan Yahudi Pada Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman merupakan putera dari nabi Daud as, dimana ia mewarisi kerajaan ayahnya di kalangan bani israil pada usianya yang menginjak 13 tahun. Pada tulisan admin tidak akan berbicara panjang lebar mengenai kisah nabi Sulaiman karena itu akan coba ditulis pada postingan khusus pada tulisan selanjutnya, disini hanya admin akan mengutip beberapa ayat al-Quran yang berkitan dengan nabi sulaiman.

Baca juga : Ayat Tentang Nabi Adam Dalam Al-Quran

Ayat Tentang Kisah nabi Sulaiman

Ayat Tentang nabi Sulaiman

Ayat-ayat yang berkaitan dengan nabi Sulaiman ini diharapkan bisa membantu sobat pembaca adinawas.com yang sedang mencari referensi ayat al-quran yang ada kitannya dengan Nabi Sulaiman baik itu menyangkut kisah, do’a yang pernah dipanjatkan Nabi Sulaiman dan tuduhan kaum Yahudi terhadap Nabi Sulaiman. Karena kutipan ayatnya terlalu panjang maka tulisan ini dibagi menjadi 5 halaman, sobat bisa melihat halaman-halaman selanjutnya pada bagian bawah tulisan.

A. Kisah Nabi Sulaiman

Ayat yang berkaitan dengan kisah Nabi Sulaiman ini terdapat dalam 4 surat, yaitu surat al-anbiya, an naml, saba dan shaad.

Al-Anbiya ayat 78-82

وَدَاوُدَ وَسُلَيْمَانَ إِذْ يَحْكُمَانِ فِي الْحَرْثِ إِذْ نَفَشَتْ فِيهِ غَنَمُ الْقَوْمِ وَكُنَّا لِحُكْمِهِمْ شَاهِدِينَ (٧٨)فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ وَكُلا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِينَ (٧٩)وَعَلَّمْنَاهُ صَنْعَةَ لَبُوسٍ لَكُمْ لِتُحْصِنَكُمْ مِنْ بَأْسِكُمْ فَهَلْ أَنْتُمْ شَاكِرُونَ (٨٠)وَلِسُلَيْمَانَ الرِّيحَ عَاصِفَةً تَجْرِي بِأَمْرِهِ إِلَى الأرْضِ الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا وَكُنَّا بِكُلِّ شَيْءٍ عَالِمِينَ (٨١)وَمِنَ الشَّيَاطِينِ مَنْ يَغُوصُونَ لَهُ وَيَعْمَلُونَ عَمَلا دُونَ ذَلِكَ وَكُنَّا لَهُمْ حَافِظِينَ (٨٢)

78. dan (ingatlah kisah) Daud dan Sulaiman, di waktu keduanya memberikan keputusan mengenai tanaman, karena tanaman itu dirusak oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. dan adalah Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu,

79. Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat)[966]; dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan Hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. dan kamilah yang melakukannya.

Baca Juga :   Ayat Mengenai Doa Ashabul Kahfi Dalam Al-Quran

80. dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah).

81. dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. dan adalah Kami Maha mengetahui segala sesuatu.

82. dan Kami telah tundukkan (pula kepada Sulaiman) segolongan syaitan-syaitan yang menyelam (ke dalam laut) untuknya dan mengerjakan pekerjaan selain daripada itu, dan adalah Kami memelihara mereka itu,

[966] Menurut riwayat Ibnu Abbas bahwa sekelompok kambing telah merusak tanaman di waktu malam. Maka yang Empunya tanaman mengadukan hal ini kepada Nabi Daud a.s. Nabi Daud memutuskan bahwa kambing-kambing itu harus diserahkan kepada yang Empunya tanaman sebagai ganti tanam-tanaman yang rusak. tetapi Nabi Sulaiman a.s. memutuskan supaya kambing-kambing itu diserahkan Sementara kepada yang Empunya tanaman untuk diambil manfaatnya. dan prang yang Empunya kambing diharuskan mengganti tanaman itu dengan tanam-tanaman yang baru. apabila tanaman yang baru telah dapat diambil hasilnya, mereka yang mepunyai kambing itu boleh mengambil kambingnya kembali. putusan Nabi Sulaiman a.s. ini adalah keputusan yang tepat.

Yang dicari:

Advertisement
Ayat Tentang Kisah nabi Sulaiman, Do’a Dan Tuduhan Yahudi Pada Nabi Sulaiman | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: