Pengertian Dan Kutipan Ayat Quran Tentang Musyawarah

Pengertian Dan Kutipan Ayat Quran Tentang Musyawarah Beserta Artinya

Ayat Quran Tentang Musyawarah – Musyawarah adalah satu tindakan yang harus ditempuh ketika kita hendak mengambil sebuah keputusan, dimana keputusan tersebut menyangkut urusan atau kepentingan orang banyak.

Pengertian Dan Kutipan Ayat Quran Tentang Musyawarah

Ayat Tentang Musyawarah

Pengertian Musyawarah

Kata “Musyawarah” sendiri berasal dari bahasa arab kata “syawara” yang berarti berunding atau rembuk. Pengertian dari musyawarah itu sendiri adalah tindakan dalam pengambilan keputusan bersama yang telah disepakati dalam mencari solusi dari suatu masalah yang menyangkut dengan kepentingan bersama.

Baca juga : Ayat Quran Tentang Mubadzir Atau Berlaku Boros

Ayat Quran Tentang Musyawarah

Dalam Al-Quran ditegaskan bahwa hendaklah mengambil keputusan dengan cara bermusyawarah, hal itu terdapat dalam surat Ali Imran dan Asy-Syuura. Berikut ini adalah ayat quran yang berkaitan dengan musyawrah :

Surat Ali Imran Ayat 159 :

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ (١٥٩)

159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Baca Juga :   Terjemah Surat Annas Dalam Bahasa Inggris

[246] Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya.

Surat Asy-Syuura ayat 38 :

وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (٣٨)

38. dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.

Demikian bagaimana pengertian singkat mengenai musyawrah dan ayat quran tentang musyawarah yang terdapat dalam surat Ali Imran dan Asy-Syuura. Semoga bermanfaat, .

Advertisement
Pengertian Dan Kutipan Ayat Quran Tentang Musyawarah | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: