Ayat Tentang Amanah | Ayat Berkaitan Amanah Dalam Al-Quran

Kutipan Ayat Tentang Amanah Dalam Al-Quran

Ayat Tentang Amanah – Amanah adalah salah satu sifat nabi yang empat, amanah itu sendiri artinya terpercaya atau bisa dipercaya. Setiap orang harus memiliki sifat amanah, terlebih lagijika ia adalah seorang pemimpin. Salah satu penyebab kenpa bangsa kita sulit untuk bisa maju sampai saat ini adalah karena kurangnya sifat amanah yang dimiliki oleh para pemimpin bangsa kita ini.

Ketahui juga : Ayat Quran Tentang Dengki

Sebgai seorang muslim yang baik, sudah barang tentu kita wajib amanah dari hal apapun yang menjadi tanggung jawab kita, seorang pemimpin harus amanah terhadap yang dipimpinnya entah siapapun itu. Ada beberapa ayat tentang amanah dalam al-quran, baik itu perintah menyampaikan amanah, memelihara amanah dan larangan mengkhianati amanah.

Kutipan Ayat Tentang Amanah Dalam Al-Quran

Ayat Mengenai Amanah

Berikut ini beberapa ayat tentang amanah dalam al-quran tersebut :

1. Perintah Menyampaikan Amanah

Ayat tentang amanah yang pertama terdapat dalam surat annisa ayat 58 :

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الأمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا (٥٨)

58. Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat.

2. Memelihara Amanah

Ayat mengenai amanah yang kedua terdapat dalam surat al-mukminun ayat 8 dan surat al-ma’arij ayat 32 :

وَالَّذِينَ هُمْ لأمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ (٨)

8. dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

Baca Juga :   Ayat al Quran Tentang Ilmu - Kumpulan Ayat Quran

وَالَّذِينَ هُمْ لأمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ (٣٢)

32. dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

3. Amanah Yang Dipikul Manusia

Ayat tentang amanah yang ketiga terdapat dalam surat al-ahzab ayat 72 :

إِنَّا عَرَضْنَا الأمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الإنْسَانُ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولا (٧٢)

72. Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, Maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu Amat zalim dan Amat bodoh,

4. Mengkhianati Amanah

Terakhir terdapat dalam surat al-Anfal ayat 27 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ (٢٧)

27. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.

Demikian beberapa ayat tentang amanah yang terdapat dalam al-Quran, semoga kita termasuk golongan orang-orang yang bisa memegang amanah, . Semoga bermanfaat, .

Yang dicari:

Advertisement
Ayat Tentang Amanah | Ayat Berkaitan Amanah Dalam Al-Quran | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: