Bacaan Doa Iftitah Dan Artinya Lengkap

Bacaan Doa Iftitah Dan Artinya Lengkap Dengan Haditsnya

Pengertian Do’a Iftitah

Doa Iftitah –  Do’a Iftitah adalah bacaan atau do’a yang sering kita baca ketika shalat, adapun waktunya adalah setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca fatihah. Secara bahasa, arti dari kata iftitah sendiri adalah “pembukaan” sedangkan yang dimaksud dengan do’a iftitah adalah bacaan atau do’a yang kita baca setiap kali kita shalat setelah takbiratul ihram.

Do’a iftitah sendiri ada beberapa versi namun yang paling mashur atau yang paling banyak digunakan hanya dua.

Bacaan Doa Iftitah Dan Artinya Lengkap

Bacaan Do’a Iftitah

Doa Iftitah Yang pertama :

Berdasarkan Hadits Nabi Saw :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَبَّرَ لِلصَّلاةِ سَكَتَ هُنَيْهَةً قَبْلَ أَنْ يَقْرَأَ ، فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي ، رَأَيْتُ سُكُوتَكَ بَيْنَ التَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةِ مَا تَقُولُ ؟ قَالَ : ” أَقُولُ : اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ ، اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرَدِ. (رواه البخارى ومسلم)

Artinya : Abu Hurairah berkata, “Rasulullah Saw apabila telah mengucap takbir dalam shalat, beliau diam sebentar sebelum membaca fatihah. Saya bertanya kepda beliau, Wahai Rasulullah, demi ayah dan ibuku yang menjadi tebusanmu, Apakah yang engkau baca diantara takbir dan fatihah ? Jawab beliau, ‘Saya membaca : Ya Allah, jauhkanlah diantara aku dan kesalahanku sebagaimana engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahanku sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, basuhlah kesalahanku dengan air, es dan embun’.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Baca juga : Doa Nabi Yunus Di Dalam Perut Ikan

Adapun yang menjadi bacaan doa iftitah berdasarkan hadits di atas adalah bacaan yang dicetak miring, silahkan dibaca ketika mendirikan shalat.

Doa Iftitah Yang Kedua :

Berdasarkan Hadits Nabi Saw :

Baca Juga :   Nama Lain Al-Quran Dengan Artinya Dan Ayatnya Secara Rinci

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ. (رواه المسلم)

Artinya : “Aku menghadapkan mukaku ke hadirat yang menjadikan langit dan bumi dengan tunduk menyerahkan diri. Aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah. Sesunggunya shalatku, ibadatku, hidup dan matiku hanyalah untuk Tuhan semesta alam. Tuhan yang tidak bersekutu bagi-Nya, dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)” (Riwayat Muslim)

Untuk doa iftitah versi kedua dibaca semuanya berdasarkan hadits di atas hanya saja ada beberapa pendapat yang menganjurkan untuk di tambahkan pada awal bacaannya dengan bacaan berikut :

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ….

Artinya : Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari.

 Hukum Membaca Doa Iftitah

Membaca doa iftitah dalam shalat hukumnya adalah sunat biasa bukan sunat muakkad seperti membaca doa qunut sehingga jika tidak dibaca sekalipun tidak akan membatalkan shalat hanya saja kita tidak akan mendapatkan pahala.

Ada yang mengatakan bahwa kedua versi tersebut ialah bacaan doa iftitah yang digunakan oleh NU dan Muhammadiyah. Sebaiknya kita jangan terjerumus kedalam perdebatan antara bacaan yang digunakan NU atau Muhammadiyah, asalkan yang dibaca jelas sumbernya.

Baca juga : Doa Nabi Zakariya Ingin Memperoleh Anak Dalam Al-quran

Demikian bacan doa iftitah dan artinya, dilengkapi dengan haditsnya dan hukum membacanya. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam…

Advertisement
Bacaan Doa Iftitah Dan Artinya Lengkap | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: