Cara Cepat Belajar Bahasa Arab Versi Anak Pesantren

Cara Cepat Belajar Bahasa Arab Versi Anak Pondok Pesanren

Cara Cepat Belajar Bahasa Arab – Mempelajari bahasa orang lain bukanlah perkara yang mudah karena bahasa tersebut bukanlah bahasa ibu kita, maksud dari bahasa ibu adalah bahasa yang kita dengar dan kita gunakan sejak pertama kali kita berkenalan dengan sebuah bahasa. Namun, hal itu tentu tidak boleh membuat kita menjadi ciut untuk mempelajari suatu bahasa termasuk mempelajari bahasa arab.

Baca Materi Bahasa Arab dasar Pada Kategori : Bahasa Arab

Cara Cepat Belajar Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab Cepat

Bahasa arab dikenal sebagai bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari, terbukti banyak teman-teman saya juga yang seangkatan waktu dulu belajar bahasa arab baik di pondok pesantren atau pun juga di perguruan tinggi yang masih kesulitan memahami bahasa arab. Namun sebetulnya ada salah satu metode cara cepat belajar bahasa arab yang bisa kita praktekan ketika kita belajar bahasa arab, yaitu dengan metode tarkiban atau ngerab.

Cara Cepat Belajar Bahasa Arab Dengan Metode Tarkiban

Metode tarkiban sebetulnya adalah sebuah istilah untuk mempelajari bahasa arab yang saya kenal waktu dulu belajar bahasa arab di pondok pesantren, istilah tersebut munkin lebih dikenal di daerah jawa barat. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan metode tarkiban tersebut, . ????

Tarkiban berasal dari bahasa arab kata ركّب yang artinya susunan, jadi men-tarkib sebuah kata dalam bahasa arab berarti mengetahui menganalisis atau mengurai suatu kata bahasa arab baik dari segi posisinya (nahwu) maupun akar katanya (sharaf). Tarkiban adalah cara cepat belajar bahasa arab yang sering digunakan para santri di pondok pesantren untuk menganalisis bahasa arab dengan menggunakan media kitab kuning atau kitab gundul. Saya masih ingat waktu dulu kitab yang digunakan untuk belajar tarkiban adalah kitab jurumiyah karangan seorang ahli bahasa dari Maroko yang bernama Abu Abdillah Sidi Muhammad bin Daud Ash-Shanhaji alias Ibnu Ajurrum (w. 1324 M), dimana kitab ini adalah kitab paling dasar yang harus dikuasai ketika kita belajar di pondok pesantren.

Baca Juga :   Cara Membuat Fiil Nahyi, Pengertian Dan Contohnya

Download : Download Kitab Jurumiyah Pdf

Pada tulisan saya selanjutnya, insyallah saya akan menulis dasar-dasar materi bahasa arab mencakup nahwu dan sharafnya.

Mempelajari bahasa arab sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan kita mau belajar dan mampu menguasai dasar-dasarnya terlebih dahulu. Demikianlah metode cara cepat belajar bahasa arab versi anak pondok pesantren.

Yang dicari:

Cara Cepat Belajar Bahasa Arab Versi Anak Pesantren | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: