Cara Membuat Fiil Nahyi, Pengertian Dan Contohnya

Cara Membuat Fiil Nahyi Dan Contoh Kalimatnya

Cara Membuat Fiil Nahyi – Fi’il nahyi adalah bentuk kalimat yang digunakan untuk melarang sesuatu. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tidak hanya suka memerintah akan tetapi juga terkadang melarang untuk berbuat sesuatu. Untuk memerintah dalam bahasa arab, kita bisa menggunakan kalimat dalam bentuk perintah “fi’il amr”, lihat : Pengertian Fiil Amr Dan Contohnya. Sedangkan untuk melarang sesuatu, kita bisa menggunakan bentuk fiil nahyi, dimana fiil nahyi ini merupakan materi bahasa arab yang akan saya bahas pada tulis ini.

Secara bahasa, arti kata nahyi (نهي) adalah “larangan”, sedangkan pengertian fiil nahyi menurut ilmu nahwu adalah

صِغَةٌ يَطْلُبُ بِهَا التَرْكُ عَنِ الفِعْلِ

Artinya, kata yang digunakan untuk meminta orang lain agar meninggalkan sesuatu (pekerjaan).

Cara Membuat Fiil Nahyi Dan Contoh Kalimatnya

Membuat Fiil Nahyi

Maksudnya, Fiil nahyi adalah bentuk kalimat fiil yang kita gunakan ketika kita meminta orang lain supaya dia meninggalkan suatu pekerjaan misalnya “jangan melihat”, ini berarti bahwa kita meminta kepada seseorang supaya dia tidak melihat (meninggalkan pekerjaan melihat).

Lalu, Bagaimana cara membuat fiil nahyi tersebut ? Caranya sangat gampang yaitu dengan cara menambahkan hurup la (لا) nahyi pada bentuk kalimat fiil mudhari, ketika la nahyi menempel pada kalimat fiil mudhari maka si fiil mudhari tersebut akan berharakat sukun. Fiil nahyi tidak bisa kita gunakan pada fiil madhi karena yang namanya melarang pasti meminta meninggalkan suatu pekerjaan yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Contoh : تَنْظُرُ (kamu melihat) ketika dibuat fiil nahyi maka akan menjadi لاَ تَنْظُرْ (jangan kamu lihat). Pada contoh tersebut terlihat jelas bahwa harakat pada huruf “ر” berubah yang tadinya berharakat domah menjadi sukun.

Perlu diingat bahwa dalam ilmu sharaf ada istilah “la nahyi” namun ada juga istilah “la nafi”. Sebenarnya, masih ada aturan-aturan lain yang terdapat pada kalimat fiil nahyi ini, untuk penjelasan lebih rincinya insyaallah akan saya tulis pada postingan selanjutnya.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara membuat fiil nahyi, bagaimana pengertiannya dan juga bagaimana contohnya. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan anda berkomentar dibawah. Semoga bermanfaat, .

Yang dicari:

Cara Membuat Fiil Nahyi, Pengertian Dan Contohnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: