Contoh Fail Dalam Alquran Dan Penjelasannya

Salahsatu Contoh Fail Dalam Alquran Berikut Penjelasannya

Contoh Fail Dalam Alquran – Sebagaimana teah dijelaskan pada tulisan saya sebelumnya, bahwa yang dimaksud dengan fail atau kalimat yang berkedudukan sebagai “fail” itu adalah pelaku atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan istilah subjek. Untuk penjelasan lebih jauh mengenai fail silahkan anda lihat disini : Pengertian Fail Dan Contohnya.

Contoh Fail Dalam Alquran Dan Penjelasannya

Fail Dalam Alquran

Contoh Fail Isim Zhahir Dalam Alquran

Untuk memahami fail lebih jauh, berikut ini adalah contoh fail dalam alquran berupa fail isim zhahir yang terdapat dalam surat al-Baqarah ayat 7:

خَتَمَ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ (٧)

7. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup[21]. dan bagi mereka siksa yang Amat berat.

Yang menjadi contoh fail isim zhahir adalah lafad اللَّهُ, dimana posisinya berada setelah fiil yaitu lafadz خَتَمَ. Coba perhatikan terjemahannya “Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka”, dari kalimat tersebut dapat kita fahami bahwa yang mengunci mata hati dan pendengaran mereka adalah Allah (pelaku / predikat).

Baca juga : Pengertian Naibul Fail Dalam Ilmu Nahwu

Contoh Fail Isim Dhamir Dalam Alquran

Selanjutnya adalah contoh fail dalam alquran yang berupa isim dhamir, salahsatunya terdapat dalam surat al-Baqarah ayat 6:

Baca Juga :   Ilmu Nahwu Bab Laa

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنْذَرْ(تَ)هُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لا يُؤْمِنُونَ (٦)

6. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

Yang menjadi fail isim dhamirnya adalah lafad yang diberi tanda kurung yaitu (ت) dimana ia adalah termasuk dhamir muttasil marfu’ bariz, artinya dhamir yang menempel berkedudukan rofa’ dan hurufnya nampak. Coba perhatikan terjemahnya “kamu beri peringatan”, dari terjemah tersebut bisa kita fahami bahwa yang memberi peringatan (pelaku) adalah kami (Dhamir ت).

Baca juga : Pembahasan Tentang Maful Bih Dengan Contohnya

Demikianlah contoh fail dalam alquran baik isim zhahir maupun isim dhamir, . Semoga mudah difahami.

Advertisement
Contoh Fail Dalam Alquran Dan Penjelasannya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: