20 Contoh Kata Benda Dalam Bahasa Arab dan Artinya Lengkap

20 Contoh Kata Benda Dalam Bahasa Arab

Contoh Kata Benda Dalam Bahasa Arab dalam artikel ini termasuk kategori isim, secara bahasa lafadz إسم jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia adalah “nama” sedangkan yang dimaksud isim dalam ilmu nahwu adalah kata benda. Pembahasan kata benda atau pengertian isim dalam ilmu nahwu telah dibahas pada tulisan sebelumnya, jika anda belum memahaminya silahkan baca disini : Difinisi Isim Dalam Ilmu Nahwu

Pada tulisan ini hanya kita akan belajar menerapkan pemahaman mengenai definisi isim tersebut ke dalam sebuah kalimat bahasa arab, dimana cara penjabarannya adalah dengan membuat 20 contoh kata benda dalam bahasa arab disertai dengan terjemahannya dalam bahasa indonesia. Supaya lebih mudah, kita akan menyebutkan contoh-contoh kata benda tersebut yang ada disekitar kita.

20 Contoh Kata Benda Dalam Bahasa Arab dan Artinya Lengkap

Contoh Kata Benda

Berikut ini adalah 20 contoh kata benda dalam bahasa arab serta terjemahannya :

No

Indonesia

Arab

Indonesia

Arab

1

Meja tulis

المَكْتَبُ

Buku

الكِتَابُ

2

Kursi

الكُرْسِيُّ

Pensil

قَلَمُ
صَاص

3

Gelas

الكَأسُ

Penghapus

المِمْسَحَةُ

4

Sendok

المِلْعَقَةُ

Tas buku

شَنْطَةُ
الكُتُبِ

5

Piring

الصَّحْنُ

Sepatu

حِذَاءٌ

6

Lantai

البِلَاطُ

Sandal

النَّعْلُ

7

Pintu

البَابُ

Baju

الثَّوبُ

8

Jendela

النَّافِذَةُ

Celana

السِّرْوَالُ

9

Atap

السَّقْفُ

Topi

القُبَّعَةُ

10

Kaca

الزُّجَاجُ

Dasi

رِبَاطُ
الرَّقَبَةِ

20 contoh kata benda di atas adalah kata benda dalam arti yang sesunguhnya, baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa arab. Di dalam ilmu nahwu sendiri, walaupun yang dimkasud isim adalah kata benda akan tetapi ia tidak hanya terbatas pada kata benda yang sesungguhnya dalam bahasa indonesia, karen ada juga kalimat yang termasuk isim dalam bahasa arab jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia termasuk kata sifat misalnya kata “cantik” dalam bahasa arab berarti جَمِيلٌ.

Isim dalam ilmu nahwu adalah kalimat yang tidak bisa disertai dengan waktu kejadian (keterangan wahtu = kemarin, sekarang dan yang akn datang).

Baca Juga :   Zharaf Zaman Dan Zharaf Makan

Untuk menmbah wawasan kami mengenai isim, silahkan baca : 15 Contoh Isim Yang Dimasuki Huruf Jar Dalam Al-Quran

Demikian penjelasan mengenai penerapn kidah isim dalam ilmu nahwu dilengkapi dengan 20 contoh kata benda dalam bahasa arab disertai dengan terjemahnya dalam bahasa Indonesia. Semog bisa membantu teman-teman dalam memahami ilmu nahwu. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar atau melalui Halaman Facebook di samping. Semoga bermanfaat, Waallahu A’lam Bishawaab.

Yang dicari:

20 Contoh Kata Benda Dalam Bahasa Arab dan Artinya Lengkap | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: