Konsep dan Definisi Bersyukur Dalam Surat Ibrahim Ayat 7

Definisi bersyukur dalam surat Ibrahim ayat 7

Definisi bersyukur – Bersyukur merupakan sebuah keharusan bagi kita sebagai hamba allah yang beriman. Selain sebagai bentuk penghambaan kepada allah swt, bersyukur juga akan membuat nikmat yang kita terima akan menjadi semakin bertambah banyak, kenapa demikina ? karena itu merupakan rumus yang telah digariskan oleh Allah swt bagi siapa saja yang bersyukur terhadap nikmat-nikmatnya.

Baca juga : Khutbah Jum’at Mengenai Membelanjakan Harta di Jalan Allah

Konsep dan Definisi Bersyukur Dalam Surat Ibrahim Ayat 7

Definisi Dari Bersyukur

Rumus tersebut bukanlah rumus yang dibuat-buat oleh manusia tapi dibuat langsung oleh allah swt, sebgaimana ditegaskan dalam surat Ibrahim ayat 7 sebgai berikut :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ (٧)

7. dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Ini merupakan ayat perintah bersyukur bagi kita sebagai umat manusia yang selalu mendapatkan nikmat dari Allah SWT.

Definisi Bersyukur

Secara Bahasa bersykur berarti berterimakasih misalnya ketika kita mendapat bantuan dari teman atau sahabat kita terus kita mengucapkan “terimakasih” atas bantuannya maka itulah yang dimaksud syukur. Adapun definisi bersyukur secara istilah adalah :

Baca Juga :   Ayat Alquran Tentang Silaturahmi Dan Terjemahannya

صَرْفُ العَبْدِ جَمِيْعَ مَاَانْعَمَ اللهُ عَلَيْهِ اِلَى مَا خُلِقَ لِأَجْلِهِ

“Menggunakannya si hamba kepada semua nikmat yang dianugerahkan Allah kepadanya untuk berbuat sesuatu yang justru untuk itulah nikmat dianugerahkan oleh Allah SWT”.

Yang dimaksud definisi bersyukur secara istilah tidak hanya sebatas mengucapkan saja akan tetapi sampai berbuah pada suatu tindakan misalnya ketika kita mendapatkan nikmat dari allah swt berupa mata yang sehat maka kita harus menggunakannya untuk melihat hal-hal yang positif, jangan sampai digunakan untuk melihat hal-hal yang dilarang, ketika kita diberi nikmat berupa uang yang melebihi dari kebutuhan kita sehari-hari maka bersedekahlah, bantulah orang-orang di sekitar kita yang membutuhkannya misalnya bersedekah pada orang miskin, anak yatim, orang yang terlilit hutang dan sebagainya.

Kurag lebih seperti itulah makna dan penjelasan tentang definisi bersyukur sebagaimana yang dimaksud dalam surat ibrahim ayat 7 tersebut di atas. Waallahu A’lam, .

Advertisement
Konsep dan Definisi Bersyukur Dalam Surat Ibrahim Ayat 7 | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: