Delapan Golongan Penerima Zakat Menurut Al-Quran

Delapan Golongan Penerima Zakat Atau Mustahiq Zakat

Delapan Golongan Penerima Zakat – Setiap zakat yang wajib dikeluarkan tentunya harus disalurkan dengan tepat, jangan sampai zakat tersebut diterima oleh mereka yang tidak berhak untuk mendapatkannya. Berdasarkan tuntunan yang terdapat dalam al-Quran, ada delapan golongan atau asnaf yang berhak menerima zakat tersebut.

Baca juga : Apa Saja Benda Yang Wajib Dizakati ?

Delapan Golongan Penerima Zakat Menurut Al-Quran

Delapan Golongan Mustahiq Zakat

Adapun delapan golongan penerima zakat tersebut sebagaimana tertera dalam surat al-Baqarah ayat 60 sebagai berikut :

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَاِبْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Artinya : Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, Para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Fakir

Fakir adalah orang yang mempunyai harta kurang dari satu nisab, atau mempunyai satu nisab atau lebih tetapi habis untuk keperluannya. Ini adalah salah satu dari delapan golongan penerima zakat yang pertama.

Baca Juga :   Lirik Qasidah Habibi Ya Muhammad Bahasa Arab

Miskin

Miskin adalah orang yang tidak mempunyai apapun.

‘Amil

‘Amil adalah orang yang diangkat untuk mengambil dan mengurusi zakat.

Muallaf

Muallaf adalah orang yang baru masuk islam sedangkan imannya belum teguh.

Hamba

Yang dimaksud hamba disini adalah hamba yang telah dijanjikan oleh tuannya bahwa dia boleh menebus dirinya dengan uang atau dengan harta lain.

Berutang

Ialah mereka yang mempunyai utang sedangkan jumlah hartanya di luar utang tidak cukup satu nisab dan dia diberi zakat untuk membayar utangnya.

Sabilillah

Sabilillah ialah balatentara yang berperan di jalan Allah swt.

Musafir

Musfir adalahorang yang dalam perjalanan kemudian ia kehabisan perbekalan, Orang seperti ini diberi zakat sekedar untuk keperluannya.

Demikianlah delapan golongan penerima zakat yang berhak untuk menerima zakat sebagaimana disebutkan dalam al-Quran. Semoga bermanfaat, .

Yang dicari:

Advertisement
Delapan Golongan Penerima Zakat Menurut Al-Quran | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: