Kisah Singkat Dan Doa Nabi Yunus Di Dalam Perut Ikan

Doa Nabi Yunus Di Dalam Perut Ikan Dalam Al-Quran

Doa Nabi Yunus Di Dalam Perut Ikan – Sebelum diangkat jadi nabi, Nabi Yunus adalah seorang laki-laki yang soleh, rajin beribadah dan taat kepada allah sedangkan kumnya menyembah berhala, ia adalah anak mata. Allah mengangangkat nabi yunus menjadi seorang rasul untuk menyuruh berbuat baik pada kaumnya, melarang berbuat yang mungkar, dan memimpin mereka supaya beriman kepada Allah SWT.

Dalam perjalanan dakwahnya, nabi Yunus banyak mendapatkan tentangan dari kaumnya sampai pada suatu hari datang tanda-tanda akan datangnya adzab dari Allah. Karena nabi yunus tidak tahan dengan perlakuan umatnya yang menentang dakwahnya, nabi Yunus pun tidak sabar dan memutuskan untuk meninggalkan kaumnya padahal waktu itu belum ada perintah atau wahyu dari Allah untuk meninggalkan kaumnya.

Doa Nabi Yunus Di Dalam Perut Ikan

Doa Nabi Yunus

Dalam pelariannya nabi Yunus menggunakan sebuah kapal bersama orang banyak. Ditengah-tengah pelayaran tiba-tiba datanglah angin topan yang besar dan gelombang yang membuat kapal terombang-ambing dan hampir menenggelamkan kapal. Nahkoda berkata kepada seluruh penumpangnya : “kapal ini biasanya tidak mau membawa orang pelarian, jika dalam kapal ini terdapat orang pelarian maka akan datang angin dan gelombang yang besar seperti tadi. Oleh karenanya, apakah diantara kalian ada orang pelarian? jika ada, sebaiknya mengaku saja dan terjunlah ke laut demi menjaga keselamatan orang banyak dalam kapal ini”.

Nabi Yunus adalah orang pelarian yang melarikan diri dari kaumnya sebelum datang perintah Allah untuk meninggalkan kaumnya. Maka, nabi Yunus pun akhirnya terjun ke laut dan ditelan gelombang besar yang hebat kemudian ditelan oleh seekor ikan yang besar. Namun atas izin Allah nabi Yunus tidak mati dalam perut ikan, Nabi Yunus berdoa kepada allah dan memohon ampun atas kesalahannya.

Berikut kutipan doa nabi Yunus di dalam perut ikan yang terdapat dalam surat al-Anbiyaa ayat 87-88 :

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (٨٧)فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (٨٨)

dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam Keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), Maka ia menyeru dalam Keadaan yang sangat gelap[A]: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah Termasuk orang-orang yang zalim.”

Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. dan Demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.

[A] Yang dimaksud dengan Keadaan yang sangat gelap ialah didalam perut ikan, di dalam laut dan di malam hari.

Dengan pertolongan Allah AWT, ikan yang besar itu terdampar ke laut dan akhirnya nabi Yunus dapat ke luar dari dalam perut ikan tersebut dengan keadaan selamat.

Itulah sekilas kisah nabi Yunus dan doa nabi Yunus di dalam perut ikan yang dimaktub dalam al-quran.

Baca juga : Doa Nabi Zakariya Ingin Memperoleh Anak

Baca Juga :   Ayat Tentang Kisah nabi Sulaiman, Do'a Dan Tuduhan Yahudi Pada Nabi Sulaiman
Advertisement
Kisah Singkat Dan Doa Nabi Yunus Di Dalam Perut Ikan | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: