Doa Nabi Zakariya Ingin Memperoleh Anak Dalam Al-quran

Doa Nabi Zakariya Ingin Memperoleh Anak

Doa Nabi Zakariya – Nabi zakriya adalah nabi yang memiliki urutan ke 22 dari jumlah 25 nabi yang wajib untuk diketahui. Nabi Zakariya a.s. adalah keturunan nabi Sulaiman a.s. dimana beliau ini adalah ulama besar di kalangan bani israil. Istri Nabi Zakariya bernama Isya, ia adalah saudara perempuan dari Hannah istri imran salah seorang pembesar di kalangan bani israil.

Istri nabi Zakariya adalah seorang yang mandul sehingga sampai umur mereka sudah tua mereka tidak dikaruniai seorang anak. Nabi Zakariya berdoa kepada Allah agar ia dikaruniai anak soleh yang akan menggantikannya dikemudian hari. Doa nabi zakariya ini termaktub dalam ayat al-quran.

Doa Nabi Zakariya Ingin Memperoleh Anak Dalam Al-quran

Doa Nabi Zakariya

Doa nabi Zakariya ingin memperoleh anak dalam surat Surat ali imran ayat 38 :

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ (٣٨)

di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.

Kemudian dilanjutkan dalam Surat maryam ayat 4-6 :

قَالَ رَبِّ إِنِّي وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّي وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَلَمْ أَكُنْ بِدُعَائِكَ رَبِّ شَقِيًّا (٤)وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ وَلِيًّا (٥)يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آلِ يَعْقُوبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا (٦)

ia berkata “Ya Tuhanku, Sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, Ya Tuhanku.

dan Sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku[A] sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, Maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera,

yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan Jadikanlah ia, Ya Tuhanku, seorang yang diridhai”.

[A] Yang dimaksud oleh Zakaria dengan mawali ialah orang-orang yang akan mengendalikan dan melanjutkan urusannya sepeninggalnya.Yang dikhawatirkan Zakaria ialah kalau mereka tidak dapat melaksanakan urusan itu dengan baik, karena tidak seorangpun diantara mereka yang dapat dipercayainva, oleh sebab itu Dia meminta dianugerahi seorang anak.

Dalam ayat lain juga dijelaskan doa nabi Zakariya ketika ingin memperoleh anak, yaitu dalam Surat al-Anbiyaa ayat 89 :

وَزَكَرِيَّا إِذْ نَادَى رَبَّهُ رَبِّ لا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ (٨٩)

dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri[A] dan Engkaulah waris yang paling Baik[B].

[A] Maksudnya: tidak mempunyai keturunan yang mewarisi

[B] Maksudnya: andaikata Tuhan tidak mengabulkan doanya, Yakni memberi keturunan, Zakaria menyerahkan dirinya kepada Tuhan, sebab Tuhan adalah waris yang paling baik.

Namun nabi Zakariya tidak yakin karena usianya yang sudah tua, sebaimana termaktub dalam surat Mryam ayat 8 :

قَالَ رَبِّ أَنَّى يَكُونُ لِي غُلامٌ وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا وَقَدْ بَلَغْتُ مِنَ الْكِبَرِ عِتِيًّا (٨)

Zakaria berkata: “Ya Tuhanku, bagaimana akan ada anak bagiku, Padahal isteriku adalah seorang yang mandul dan aku (sendiri) Sesungguhnya sudah mencapai umur yang sangat tua”.

Namun pada akhirnya allah menganugerahkannya seorang anak yang akan diberi nama Yahya. Dalam Surat Maryam ayat 7 Allah Menjelaskan :

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا (٧)

Hai Zakaria, Sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan Dia.

Pada akhirnya nabi Zakariya pun memperoleh anak yang diberi nama Yahya.

Itulah doa nabi Zakariya ingin memperoleh anak yang termaktub dalam beberapa ayat dalam al-quran.

Baca juga : Doa Nabi Ibrahim AS Dalam Al-Quran

Baca Juga :   Apa Yang Dimaksud Dengan Ilmu al-Quran ?
Advertisement
Doa Nabi Zakariya Ingin Memperoleh Anak Dalam Al-quran | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: