Doa Qunut Dan Latinnya, Lengkap Dengan Hukum Dan Terjemahannya

Doa Qunut Dan Latinnya Dilengkapi Terjemahannya

Pengertian Qunut

Doa Qunut – Qunut merupakan salah satu sunnah muakkad (sunat yang lebih penting) dalam shalat. Bagi sobat, terutama yang tinggal di lingkungan yang menggunakan madzhab imam syafi’i, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya qunut karena qunut sering dilakukan pada setiap shalat subuh setelah i’tidal. Secara bahasa kata قنوت berarti “kepatuhan”, sedangkan menurut pengertian istilah terbagi menjadi dua pengertian yaitu qunut nazilah dan qunut shalat. Qunut Nazilah adalah bacaan qunut yang dilakukan karena ada bahaya atau bala yang menimpa masyarakat islam seperti musim penyakit ta’un, kolera dan musim kemarau, sedangkan Qunut Shalat adalah bacan qunut yang dilakukan setelah i’tidal yang akhir pada shalat subuh dan witir sejak malam tanggal 16 bulan ramadhan sampai akhir.

Bacaan Doa Qunut

Bacaan do’a qunut tulisan arab yang biasa dibacakan sehari-hari adalah sebagai berikut :

اللّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ, وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ, وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ. فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ, وَإِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَّالَيْتَ, وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ, تَبَا رَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ (رواه أبو داود والترمذى والنسائى)

Adapun doa qunut dalam tulisan latin Indonesia ialah sebagai berikut :

“Allohummahdini fii man haadait, wa’aafini fiiman ‘afait, watawallanii fiiman tawalait, wabaarik lii fiimaa a’thoit, wa qini syarroma qodoit, fainnaka taqdii walaa yuqdoo ‘alaik wa innahu laa yadzillu maa walait,wa laa yaizzu man ‘adait tabaarokta robbana wataa’lait”

Artinya : ““Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang2 yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan. Lindungilah aku seperti orang-orang yang telah mendapatkan perlindungan-Mu. Berilah berkah pada barang yang telah engkau berikan kepadaku. Jauhkanlah aku dari kejahatan yang telah engkau pastikan. karena sesungguhnya hanya engkaulah yang dapat memastikan sesuatu dan tak ada lagi yang berkuasa di atas engkau. dan sesungguhnya tidak akan terhina orang yang mendapat perlindungan-Mu. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. ya Allah, bertambah-tambah kebaikan-Mu, dan hilanglah segala yang tidak layak bagi-Mu.”

Doa Qunut Dan Latinnya Dilengkapi Terjemahannya

Do’a Qunut Dan Latinnya

Jika sobat membacanya sendirian maka cukup bacakan sesuai yang tertera di atas, namun jika sobat adalah imam maka cukup merubah dhammir mutakallim wahdah (نِي) yang berarti “aku” menjadi dhammir mutakallim ma’al ghair (نَا) yang berrti “kami”.

Baca Juga :   Doa Mohon Lunas Hutang Dalam Al-Quran Dan Terjemahnya

Itulah bacaan doa qunut berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tirmizi dan Nasa’i, Namun ada beberapa pendapat yang menganjurkan untuk ditambahkan tahmid istigfar dan solawat pada akhir bacaannya dengan bacaan :

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ, أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Artinya : Segala puji bagi-Mu atas yang telah engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembali (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya dan serta sahabatnya.

Perbedaan tersebut tidaklah perlu diperdebatkan, bagi sobat yang lebih suka membaca doa qunut panjang yang ditambahkan dengan tahmid istigfar dan solawat silahkan dan bagi yang tidak juga tidak apa-apa.

Baca juga : Doa Nabi Adam Meminta Ampun Kepada Allah

Hukum Membaca Do’a Qunut

Sebagaimana disinggung di atas bahwa hukum dari membaca doa qunut ini adalah sunnah muakkad jadi kalau tidak dibaca juga tidak akan membatalkan shalat hanya saja dianjurkan untuk membacanya sesuai dengan sabda nabi :

عَنْ اَنَسٍ قَالَ مَازَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِى الصُّبْحِ حَتّى فَارَقَ الدُّنْيَا (رواه الامام أحمد)

Artinya : Dari Anas. Ia berkata “Rasulullah Saw senantiasa membaca doa qunut pada shalat subuh hingga sampai saat beliau meninggal dunia”. (Riwayat Imam Ahmad)

Adapun hadits disunatkannya qunut nazilah ialah :

عَنْ اَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ شَهْرًا يَدْعُوْا على اَحْيَاءٍ مِنْ اَحْيَاءِ العَرَبِ ثُمَّ تَرَكَهُ. (رواه أحمد ومسلم والنسائى وابن ماجه)

Artinya : Dari Anas “Sesungguhnya Nabi Saw telah membaca qunut satu bulan lamanya, beliau mendoakan segolongan masyarakat arab, kemudian beliau hentikan”. (Riwayat Ahmad, Muslim, Nasai, dan Ibnu Majah)

Baca juga : Doa Nabi Ibrahim AS Dalam Al-Quran

Demikian bacaan doa qunut dan latinnya, dilengkapi dengan terjemahannya dan hukum membacanya. Semoga bermanfa’at. WaAllahu A’lam.

Advertisement
Doa Qunut Dan Latinnya, Lengkap Dengan Hukum Dan Terjemahannya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: