Faktor-Faktor Agresivitas Di Kalangan Remaja

Faktor-Faktor Agresivitas Di Kalangan Remaja

Faktor Agresivitas Di Kalangan Remaja – Kesadaran akan pentingnya pengelolan aspek-aspek psikologis dewasa ini semakin meningkat. Pengelolaan aspek-aspek psikologis ini tentunya bertujuan dalam rangka menangani penyakit-penyakit psikis yang belakangan banyak muncul . penyakit-penyakit psikis ini seperti stres dan frustasi yang merupakan stimulasi /emosi terkondisikan, akhirnya dapat menyebabkan munculnya tingkah laku agresif.

Prilaku agresif biasanya terjadi pada setiap anak yang mulai menginjak remaja misalnya seperti anak-anak sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Keinginan untuk menunjukan eksistensi dirinya dan pencarian jati diri kadang membuat remaja berperilaku berlebihan yang bisa membahayakan diri mereka atau orang lain.

Faktor-faktor agresivitas di kalangan remaja

Banyak Faktor Agresivitas Di Kalangan Remaja yang mempengaruhi remaja melakukan perilaku agresif, diantaranya :

  1. Faktor pola asuh orang tua, Pola asuh adalah bagaimana peran seorang orangtua atas seseorang, peran dan bantuan orangtua kepada anak akan dapat tercermin dalam pola asuh yang diberikan kepada anak-anaknya.
  2. Pengaruh interaksi antar teman sebayanya, Pengaruh teman sebaya ini sangat kuat dan merupakan salah satu reaksi atas status yang disandangnya. Di satu sisi, remaja melakukan gerak memisahkan diri dari orangtua dan di sisi lain, remaja melakukan gerak menuju kea rah teman sebayanya.
  3. Konsep diri, Konsep diri adalah kesadaran atau pengertian tentang diri sendiri, yang mencakup pandangan tentang dunia, kepuasan tentang kehidupan, dapat menghargai atau menyakiti diri sendiri, mampu mengevaluasi kemampuan diri sendiri, dan persepsi mengenai diri sendiri. Subjektivitas manusia selalu membedakan cara pandang sesuatu objek yang diamati. Demikian pula menyangkut pengamatan atas diri sendiri.
  4. Kontrol diri, Kontrol diri dibutuhkan karena manusia adalah makhluk social yang hidup berkelompok sehingga dengan adanya control diri manusia dapat hidup nyaman, tenteram serta dapat meminimalisir masalah baik dengan orang lain maupun lingkungan sekitar. Selain itu, control diri juga dibutuhkan dalam mengontrol emosi, memilih tujuan jangka panjang dengan tidak menyegerakan kepuasan.
Baca Juga :   Kepemimpinan Profetik Dalam Islam - Bercermin Pada Sifat Nabi

Demikian beberapa Faktor Agresivitas Di Kalangan Remaja yang lebih umum terjadi di kalangan anak remaja. Keempat factor diatas merupakan beberapa factor yang banyak mempengaruhi agresivitas dikalangan remaja, walau sebenarnya masih banyak factor-faktor lain yang dapat mempengaruhinya.

Advertisement
Faktor-Faktor Agresivitas Di Kalangan Remaja | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: