Fiil Amar Dalam Surat Al-Fatihah Dan Penjelasannya

Fiil Amar Dalam Surat Al-Fatihah

Fiil Amar Dalam Surat Al-Fatihah | Fiil amar adaah bentuk fiil yang digunakan untuk kata perintah, untukpenjelasanlengkapnya mengenai fiil amar silahkan lihat disini Pengertian Fiil Amr Dan Contohnya. Jika ada pertanyaan mengenai apa itu fiil amar, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Pada artikel ini akan dibahas lafadz apa yang termasuk bentuk fiil amar dalam surat al-fatihah, mungkin dari teman-teman ada yang sedang mencari tahu mengenai permasalahan tersebut, kebetulan di artikel ini kita akan membahasnya.

Fiil Amar Dalam Surat Al-Fatihah Dan Penjelasannya

Fiil Amar Al-Fatihah

Surat al-fatihah adalah surat pertama dalam al-quran yang berarti pembuka, yang mana di dalamnya terdapat 7 ayat. Adapun lafadz yang termasuk ke dalam fiil amar dalam surat al-fatihah tersebut tidaklah banyak, hanya ada satu lafaz yaitu lafadz اِهْدِ yang terdapat dalam ayat ke 6 yang artinya Tunjukilah.

Adapun terjemah lengkapnya pada ayat ke 6 tersebut ialah “Tunjukilah Kami jalan yang lurus” Jika dilihat dari terjemahannya saja, kita sudah bisa faham bahwa Tunjukilah adalah sebua bentu kata perintah dengan ditandai imbuhan “lah” seperti makanlah, minumlah, pergilah dan lain-lain.

Lafadz اِهْدِ sendiri berasal dari fiil madhi lafadz هَدَا-يَهْدِى-هِدَايَةْ karena fiil mudharinya kasrah maka hamzah fiil amarnya juga harus kasrah jadi اِهْدِ.

Demikianlah lafadz fiil amar yang terdapat dalam surat al-fatihah beserta sedikit penjelasannya. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam Bishawaab….

Yang dicari:

Fiil Amar Dalam Surat Al-Fatihah Dan Penjelasannya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: