Fiil Dalam Surat Fatihah Dan Penjelasannya

4 Fiil Dalam Surat Fatihah Dan Penjelasan Tentang Kedudukannya

Fiil Dalam Surat Fatihah – Untuk memahami bahasa arab secara mendetail dalam arti sampai mengetahui kedudukan setiap kalimat maka kita perlu memahami kaidahnya terlebih dahulu, yaitu kaidah nahwu dan sharaf. Bagi anda yang ingin mempelajari kaidah nahwu, bisa dilihat pada tulisan-tulisan sebelumnya pada kategori “Bahasa Arab”.

4 Fiil Dalam Surat Fatihah Dan Penjelasan Tentang Kedudukannya

Fiil Pada Surat Fatihah

Berikut ini adalah 4 contoh fiil dalam surat fatihah yang bisa anda pelajari sebagai penerapan dari kaidah-kaidah ilmu nahwu sebelumnya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (١)الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (٢)الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (٣)مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (٤)إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ (٥)اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (٦)صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ (٧)

Artinya :

1. dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
2. segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
4. yang menguasai di hari Pembalasan.
5. hanya Engkaulah yang Kami sembah[6], dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan.
6. Tunjukilah Kami jalan yang lurus,
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Yang menjadi contoh fiil yang terdapat dalam surat al-Fatihah di atas adalah kalimat-kalimat yang diberi garis bawah. Ada 4 kalimat yang diberi garis bawah yaitu نَعْبُدُ, نَسْتَعِينُ, اهْدِ, أَنْعَمْتَ, dari empat contoh fiil tersebut 1 diantaranya adalah contoh fiil madhi, 2 fiil mudhari dan 1 fiil amar.

Kata أَنْعَمْتَ adalah termasuk fiil madhi karena makna yang terkandung dari kata tersebut adalah kejadian yang sudah terjadi. Disamping itu, dari segi lafadznya juga bisa terlihat bahwa itu termasuk wazan fiil madhi, yaitu tsulasi mazid dengan satu huruf tambahan yaitu hamzah dengan wazan أَفْعَلَ. Adapun yang menjadi fa’ilnya adalah dhamir muttasir marfu lafadz أَنْتَ . Lihat pengertian fi’il Madhi disini : Pengertian Fi’il Madhi

Baca Juga :   Pengertian Afalul Khamsah Atau Fi'il Lima Dan Anggotanya

Kata نَعْبُدُ dan نَسْتَعِينُ adalah termasuk fiil mudhari karena dari segi maknanya bisa kita fahami bahwa itu adalah kejadian yang sedang berlangsung dan bisa juga memiliki makna kejadian yang akan datang. Adapun yang menjadi fa’ilnya adalah dhamir muttasil marfu’ lafadz نَحْنُ.Lebih jelasnya lihat pengertian fi’il mudhari disini : Pengertian Fi’il Mudhari

kata اهْدِ termasuk fiil amar karena dari segi maknanya bisa difahami bahwa kejadian tersebut akan terjadi di masa yang akan datang. Amar artinya memerintah, maka fiil amar berarti bentuk fiil yang digunakan untuk memerintah, jika terjadi pada yang lebih tinggi derajatnya maka maknanya “memohon”. ِAdapun fa’ilnya adalah dhamir muttasil marfu mustatir wujub (wajib disembunyikan) jika dimunculkan maka lafadznya adalah أَنْتَ. Lihat penjelasan fi’il amr disini : Pengertian Fi’il Amar

 Demikianlah 4 contoh fiil dalam surat fatihah beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat, .

Advertisement
Fiil Dalam Surat Fatihah Dan Penjelasannya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: