Hadits Arbain Nawawi | Pembahasan Sekilas

Hadits Arbain Nawawi

Hadits arbain nawawi adalah sebuah kumpulan hadits-hadits pilihan dalam ajaran agama islam yang berjumlah empat puluh dau butir hadits. Pengambilan nama pada kumpulan hadits ini adalah berdasarkan jumlah butir hadits yang terkandung dalam kitab tersebut. Kata arbain berasal dari bahasa arab yaitu الأربعون yang berarti empat puluh, sehingga kitab ini dinamai dengan nama hadits arbain, karena pengarangnya adalah Imam Nawawi maka diberilah nama Hadits Arbain Nawawi. Isi dalam kumpulan hadits ini sebenarnya adalah empat puluh dua, namun namanya digenapkan menjdi arbain (empat puluh).

Dalam tradisi keilmuan para ulama-ulama zaman dahulu bahwa mereka selalu merangkum tentang suatu masalah agama dalam sebuah kitab, termasuk mengenai hadits-hadits yang berkaitan dengan masalah tersebubt. Sebenarnya, banyak ulama-ulama terdahulu yang telah memuat sebuah kumpulan hadits dalam satu kitab namun kitab hadits arbain nawawi ini merupakan kitab kumpulan hadits yang paling terkenal diseluruh umat islam di dunia.

Hadits Arbain Nawawi

Kitab Arbain Nawawi

Kitab hadits arbain nawawi ini merupakan kitab favorit bagi kalangan pemula yang ingin mempelajari ilmu hadits, terutama dikalangan para santri di pondok pesantren di Indonesia, sebelum mempelajari kitab-kitab hadits yang besar seperti hadits karangan imam bukhari dan karangan imam muslim. Sebenarnya ada dua kitab karangan imam nawawi yang sangat terkenal di dunia islam sampai saat ini yaitu kitab hadits arbain nawawi dan kitab Riyadhus Shalihin.

Baca Juga :   Hadits Yang Menjelaskan Puasa Itu Benteng

Isi atau kandungan hadits arbain nawawi ini benar-benar merupakan hadits pokok yang sangat penting dalam ajaran agama islam, penyusunannya urutan haditsnya pun disusun berdasarkan hal yang paling pokok. Hadits pertama adalah tentang niat, dimana niat merupakan dasar utama dalam mengerjakan sesuatu (hadits tentang niat ini merupakan contoh hadits qouliyah. Baca : artikel Contoh-Contoh Hadits). Kemudian selanjutnya berisi tentang dasar aqidah, syari’ah, akhlaq dan nasehat nabi. Namun perlu diketahui, hadits yang terdapat dalam hadits arbain nawawi ini merupakan pokoknya saja secara global, jika anda ingin mengetahuinya tentang hadits tenting suatu permasalahan yang lebih terperinci, anda bisa mencarinya pada kitab hadits yang lebih panjang penjabarannya seperti hadits bukhari muslim dan hadits muwatho.

Download Hadits Arbain : Download Kitab Hadits Arbain Pdf

Demikian sekilas tentang hadits arbain karangan Imam Nawawi, insyallah pada tulisan-tulisan selanjutnya akn ditulis tentang penjelasan maupun contoh-contoh hadits yang terdapat dalam kitab hadits arbain nawawi tersebut.

Yang dicari:

Advertisement
Hadits Arbain Nawawi | Pembahasan Sekilas | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: