Hadits Tentang Ibu – Menghormati Dan Memuliakannya

Hadits Tentang Ibu

Hadits Tentang Ibu – Sepertinya tidak perlu dibahas lagi bagaimana jasa seorang ibu terhadap anak-anaknya, tetesan keringat dan air matanya terus menglir saat seorang ibu melahirkan, merawat dan membesarkan kita sampai kita bisa tumbuh besar seperti saat ini. Kiranya menjadi sebuah kehormatan dimana ada suatu hari yang dinamakan dengan hari ibu namun tidak pernah ada hari yang disebut dengan hari bapak.

Baca Juga : Hadits Menikahi Wanita Karena 4 Perkara

Hadits Tentang Ibu

Hadits mengenai ibu

Dengan kemulyaan yang melekat pada seorang ibu sampai baginda rasulullah saw pun mengingatkan kita dalam sebuah sabdanya untuk selalu menghormati seorang ibu. Hadits tentang ibu ini tertuang dalam HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548 yang berbunyi :

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, belia berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.

Itulah salah satu hadits tentang ibu yang ada dalam kitab sohih bukhori dan muslim. Namun, Demikian juga Allah swt menegaskan yang diabadikan dalam Al-Quran surat Al-Ahqaaf : 15 yang berbunyi :

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَاناً حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهاً وَوَضَعَتْهُ كُرْهاً وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْراً حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni’mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

Demikian hadits tentag ibu beserta ayat al-Qurannya, semoga kita termasuk dalam golongan aorang-orang yang memulyakan seorang ibu, . amiiiin…

Referensi :

muslimah.or.id

muslimahsalaf.wordpress.com

Yang dicari:

Advertisement
Hadits Tentang Ibu – Menghormati Dan Memuliakannya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: