Hikmah Shalat 5 Waktu Dengan Berjamaah

Hikmah Shalat 5 Waktu Dengan Berjamaah

Hikmah Shalat 5 Waktu – Shalat lima 5 merupakan sebuah ibadah ritual yang wajib didirikan orang seorang muslim. Baginda nabi Muhammad saw mengatakan “shalat adalah tiangnya agama, barang siapa yang mendirikan shalat berarti dia telah menegakkan agamanya dan barang siapa yang meninggalkan shalat berarti dia telah merobohkan agamanya”.

Sebagaimana kita ketahui, Kewajiban akan shalat lima waktu bukanlah suatu hal yang perlu diragukan lagi. Ada faktor lain yang sangat penting bagi kita sebagai orang muslim mengenai shalat tersebut. Ternyata, disamping shalat lima waktu menjadi kadar atau ukuran keimanan seseorang, akan tetapi juga shalat lima waktu ini menjadi ukuran seberapa besar seorang muslim mampu mendisiplinkan dirinya dalam mengatur waktu setiap hari.

Hikmah Shalat 5 Waktu Dengan Berjamaah

Shalat 5 Waktu

Shalat yang telah ditentukan waktunya oleh allah swt tentu tidak sembarangan bagaimana menentukannya, dalam pengaturan tersebut pasti terdapat hikmah yang sangat bermanfaat bagi umat muslim yang menjalankannya.

Setidaknya ada 2 hal penting yang terdapat dalam Hikmah Shalat 5 Waktu, yaitu :

  1. Disiplin

Disiplin merupakan hikmah shalat 5 waktu yang paling penting yang terkandung dalam kegiatan mendirikan shalat. Pola kehidupan yang disiplin akan membawa orang yang melakukannya sukses dalam hal apapun, baik kehidupan duniawi maupun juga kehidupan ukhrawi. Orang yang mampu mendisiplinkan diri dengan baik selalu bisa menjalankan tugas-tugas kesehariannya dengan baik pula, karena semua tugasnya dilakukan tepat pada waktunya sehingga dia tidak akan banyak kehilangan waktu yang sia-sia. Pembagian waktu yang pas, adil dan sesuai dengan porsinya akan bermanfaat bagi peningkatan kualitas diri, sedangkan membiasakan waktu engan tertib dan disiplin akan menghemat waktu dan terhindar dari sikap buang-buang waktu yang jelas-jelas tidak ada manfaatnya.

Dengan melakukan efektifitas waktu maka kita akan terbiasa dengan sebuah target dan sasaran dalam hidup yang jelas. Misalnya ketika kita akan naik pesawat yang akan berangkat pada pukul 08.00 , maka kita akan melakukan persiapan lebih awal karena jika kita terlambat maka itu akan mendatangkan masalah lain. Dengan membiasakan diri membuat target dan sasaran maka kemampuan kita dalam menyelesaikan sesuatu akan lebih baik dari pada orang yang selalu mengabaikan target dan sasaran.

  1. System
Baca Juga :   Nama Lain Al-Quran Dengan Artinya Dan Ayatnya Secara Rinci

Lingkungan tempat kita mendirikan shalat dengan berjamaah pada dasarnya adalah sebuah system yang membentuk lingkungan yang unggul. Berjamaah adalah symbol dari kebersamaan dan kesetaraan. Saat kita melakukan shalat berjamaah, maka disana kita akan bertemu dengan berbagai macam tipe orang mulai dari sikapnya, pekerjaannya, status sosialnya dan lain-lain. Satu hal yang lebih penting lagi adalah shalat yang dilakukan dengan berjamaah adalah system yang baik dan unggul karena orang yang melakukan shalat berjamaah tentunya adalah orang-orang yang memiliki niat dan kepribadian yang baik sehingga kita akan terkumpul dengan orang-orang yang baik pula. System merupakan salah satu kunci yang akan membawa kita pada gerbang keberhasilan. Allah swt menegaskan dalam Al-Quran surat ash-shaaf ayat 61 yang artinya :

“Sesungguhnya allah menyukai orang-orang yang berperang di jalannya dalam barisan yang teratur”.

Perang yang terpenting bagi diri kita adalah perang melawan diri kita sendiri, melawan kemalasan, mengalahkan ketidakmampuan, membuang jauh-jauh prilaku tidak produktif, serta mengendalikan hawa nafsu yang akan mendorong kita ke jurang yang hina.

Dengan mendisiplinkan diri dan memasuki system yang baik dan unggul yang terdapat dalam hikmah shalat 5 waktu maka insyallah kita pun akan berubah menjadi pribadi muslim yang produktif sehingga berpredikat terbaik atau khairul ummah.

Advertisement
Hikmah Shalat 5 Waktu Dengan Berjamaah | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: