Isi Kitab al-Hikam Karangan Syekh Ibnu Athaillah

Isi Kitab al-Hikam Karangan Syekh Ibnu Athaillah

Isi Kitab al-Hikam – Kitab al-Hikam adalah sebuah kitab paling fenomenal karangan syekh ibnu athaillah. Karya ibnu athaillah yang satu ini banyak menjadi rujukan-rujukan kitab-kitab dan karya-karya yang lain. Meski demikian, munkin tidak banyak yang tahu bahwa isi kitab al-Hikam ini pada proses awalnya bukanlah sebuah kitab yang ditulis langsung oleh syekh ibnu athaillah melainkan lewat pendiktean yang dilakukan beliau terhadap salahsatu muridnya yaitu Taqiyyudin as-Subki (w. 756 H/1355 M), dia adalah seorang pakar bermadzhab syafi’I dan guru tarekat syadziliah.

Lihat juga : Kitab Jurumiyah PDF

Isi Kitab al-Hikam

al-Hikam

Kitab ini telah banyak melahirkan komentar-komentar atau syarah dari beberapa komentator atau pensyarah. Isi Kitab al-Hikam disusun dalam tiga bagian pokok, yaitu : aforisme (hikam, jamak dari kata hikmah), risalah dan munajat (doa). Aforimse pada bagian pertama merupakan inti dari keseluruhan kitab ini sehingga bagian pertama ini adalah bagian yang patut mendapat sebutan al-Hikam. Tiap aforisme kebenarannya dapat diterima sebagai sebuah dasar pijakan doktrin dalam dunia sufisme, dimana ma’rifat adalah tema dasar dalam kitab tersebut. Isi kitab al-Hikam berjumlah 25 bab dan secara keseluruhan kurang lebih ada berjumlah 262 aforisme.

Baca Juga :   Pengertian Puasa Beserta Quran Dan Haditsnya

Kemudian bagian kedua dalam kitab al-Hikam adalah rasail (jamak dari risalah). Rasail ini ditulis oleh Ibnu Athaillah dalam rangka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada beliau oleh murid-muridnya. Dan bagian ketiganya adalah munajat. Munajat ditulis dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan paradoksal sebagai ekspresi pendekatan diri kepada sang khaliq yaitu Alla swt. (Untuk mendapatkan kitabnya dalam bentuk pdf, silahkan klik DISINI)

Demikian sekilas tentang isi kitab al-Hikam karya fenomenal dari sang guru, syekh sufi Ibnu Athaillah.

Yang dicari:

Advertisement
Isi Kitab al-Hikam Karangan Syekh Ibnu Athaillah | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: