Karakteristik Tata Bahasa Arab – Kaidah Penggunaannya

Kaidah Atau Karakteristik Tata Bahasa Arab

Karakteristik Tata Bahasa Arab – Setiap bahasa, bahasa apapun di dunia ini, biasanya memiliki karakteristik masing-masing, dimana karakteristik tersebut digunakan untuk memahami tata bahasa itu sendiri. Demikian juga pada bahasa arab, dalam tata bahasa arab terdapat kaidah-kaidah yang harus difahami sehingga kita bisa menggunakan bahasa arab dengan benar.

Karakteristik Tata Bahasa Arab

Karakteristik Bahasa Arab

Adapun Karakteristik Tata Bahasa Arab tersebut adalah sebagai berikut :

  • Kaidah yang berkaitan dengan gender yaitu mudzakar dan muanas

Gender merupakan karakteristik tata bahasa arab yang terkadang tidak ada dalam bahasa lain misalnya kata kamu, dalam bahasa Indonesia kata kamu untuk laki-laki sama juga digunakan untuk perempuan. Bahasa arab memiliki kaidah gender dalam penggunaannya, dimana kaidah gender ini harus sesuai ketika digunakan pada kata benda juga kata kerja dan pada sesuatu yang tidak bisa dikategorikan berdasarkan gende akan tetapi menurut tata bahasa arab harus dikategorikan gender.

  • Kaidah yang berkaitan dengan jumlah yaitu mufrad mutsana dan jama’

Setiap kata kerja maupun kata benda harus sesuai dengan kaidah yang berkaitan dengan jumlah ini.

  • Kaidah yang berkaitan dengan waktu yaitu madli hal dan mustaqbal

Setiap kata kerja yang digunakan dalam bahasa arab selalu mengandung waktu pekerjaan kapan pekerjaan itu dikerjakan, baik waktu lampau (madli), sedang (hal) dan juga yang akan datang (mustaqbal).

  • Kaidah yang berkaitan dengan bina atau I’rab yaitu marfu’, mansub, majrur dan majzum
Baca Juga :   Bacaan Doa Sholat Dhuha, Arab Dan Latinnya Serta Terjemahannya

Setiap kata benda atau juga kata kerja yang digunakan dalam bahasa arab mempunyai bina dan I’rab tertentu dimana kaidah tersebut harus sesuai dengan posisi dan statusnya dalam kalimat (siyaqul kalam).

  • Kaidah yang berkaitan dengan kata ganti atau dhamir

Setiap bahasa pasti mempunyai kaidah kata ganti demikian juga bahasa arab, baik itu kata ganti yang berakal (manusia) atau juga yang tidak berakal, mudzakar muannas, mutakalim mukhatab dan gaib.

Setiap pengguna bahasa arab harus menguasai kaidah-kaidah tersebut di atas secara tepat, karena jika salah penggunaan kaidah tersebut maka maknanya juga akan salah.

Demikianlah karakteristik tata bahasa arab yang harus difahami ketika ingin menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar.

Baca : Materi Bahasa Arab

Yang dicari:

Advertisement
Karakteristik Tata Bahasa Arab – Kaidah Penggunaannya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: