Keutamaan Bulan Ramadhan

Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Keutamaan Bulan Ramadhan – Bulan ramadhan adalah bulan yang suci bgi umat islam, penuh keagungan dan keberkahan dimana di dalamnya terdapat beberapa keutamaan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Sebagai umat islam yang taat, tentunya keutamaan ini merupakan hal yang tidak boleh disia-siakan, seyogyanya kita harus berlomba-lomba demi meraih keutamaan tersebut.

Pertama, keutamaan bulan ramadhan bagi umat islam adalah dibukanya pintu-pintu kebaikan seluas-luasnya sedangkan pintu keburukan ditutup serapat-rapatnya, sementara itu syetan yang selalu mengajak pada keburukan akan dibelenggu. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh bukhari dan muslim berikut ini :

إِذَ جَاءَ رَمَضَانُ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الجَنَّةِ وَغُلِقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِدَتِ الشَّيَاطِيْنُ

Artinya : Apabila ramadhan telah datang maka dibukakan pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka dan syetan-syetan dibelenggu.

Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Umat Islam

Keutamaan Ramadhan

Kedua, keutamaan bulan ramadhan selanjutnya adalah mendapatkan ampunan bagi orang yang berpuasa dengan sungguh-sungguh berikut dengan sunnah-sunnahnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa pada bulan suci ramadhan Allah SWT telah mewajibkan untuk berpuasa bagi orang-orang yang beriman kepada Allah SWT yang mana apabila benar-benar menjalankannya maka dosa-dosa kita akan diampuni sebagimana sabda Rasulullah SAW :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًا واحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : barang siapa berpuasa pada bulan ramadhan dengan penuh keimnan dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketiga, keutamaan bulan ramadhan selanjutnya Allah mengistimewakan umat Nabi Muhammad SAW yang tidak diberikan pada umat-umat lain. Hal ini sesuai dengan yang diriwayatkan oleh Baihaqi dari Jabir ra. : Rasulullah bersabda : pada bulan ramadhan, umatku diberikan lima hal yang tidak diberikan pada seorang nabi pun sebelumku. pertama, bila malam pertama bulam ramadhan telah datang, Allah yang maha luhur lagi maha agung melihat mereka. Dan barang siapa dilihat Allah, maka ia tidak akan disiksa selamanya. Kedua, sesungguhnya bau busuk mulut mereka pada waktu sore hari adalah lebih harum disisi Allah daripada minyak kasturi. Keliga, Sesungguhnya para malaikat memintakan ampun untuk mereka siang dan malam. Keempat, Sesungguhnya Allah yang maha luhur lagi maha agung telah memerintahkan surga-Nya. Firman-Nya : “Bersiaplah dan berhias dirilah untuk menyambut para hambaku. Mereka hampir beristirahat dari kelelahan dunia menuju tempat tinggal-Ku dan rahmat-Ku.” Kelima, Bila penghujung malam bulan ramadhan tiba, Allah berkenan mengampuni dosa mereka semua. Ada seorang laki-laki dari suatu kaum bertanya : “Apakah malam itu malam Lailatul Qadar ? ” Nabi menjawab, “Tidak! Tidakkah kau lihat para pekerja yang mengerjakan tugasnya dengan baik? Bila mereka telah selesai bekerja, maka dipenuhilah gaji mereka.”

Baca Juga :   Ayat Mengenai Doa Ashabul Kahfi Dalam Al-Quran

Tiga keutamaan bulan ramadhan di atas hanyalah sebagian kecil dri sekian banyak keutamaan bulan suci ramadhan yang sesungguhnya, jika kita lihat kitab-kitab hadits maka tentunya disana kita akan menemukan banyak sekali keutamaan-keutamaan bulan ramadhan tersebut yang tidak disebutkan disini.

Demikian sekilas tentang beberapa keutamaan bulan ramadhan yang patut kita ketahui. Semoga bermanfa’at, .

Advertisement
Keutamaan Bulan Ramadhan | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: