Kumpulan Ayat Quran Tentang Anak Yatim

Ayat Quran Tentang Anak Yatim Dan Artinya

Ayat Quran Tentang Anak Yatim – Sekilas mengenai anak yatim, dalam definisi ilmu Fiqh, yang dimaksud dengan anak yatim adalah anak yang meninggal ayahnya sebelum baligh. Tulisan ini tidak akan membahan mengenai pengertian atau bagaimana islam memperlakukan anak yatim, tapi tulisan ini hanya akan membeberkan beberapa kutipan ayat Al-Quran yang ada kaitannya dengan anak yatim.

Ada beberapa ayat dan surat dalam al-Quran yang berbicara mengenai anak yatim tersebut, yaitu mengenai Dasar Hukum Harta Anak Yatim, Mengabaikan Anak Yatim, Dorongan Untuk memberikan Makan Pada Anak yatim, Celaan Terhadap Yang Bertindak Sewenang-Wenang Terhadap Anak Yatim dan Larangan Menghardik Anak Yatim.

Baca juga : Ayat Tentang Berdakwah Dalam Al-Quran

Karena kutipan ayat-ayat tersebut cukup panjang, maka ayat quran tentang anak yatim ini dibagi menjadi 4 halaman.

Dasar Hukum Harta Anak Yatim

Surat Al-Baqarah Ayat 220 :

فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْيَتَامَى قُلْ إِصْلاحٌ لَهُمْ خَيْرٌ وَإِنْ تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ الْمُفْسِدَ مِنَ الْمُصْلِحِ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لأعْنَتَكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ (٢٢٠)

220. tentang dunia dan akhirat. dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, Maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang Mengadakan perbaikan. dan Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Baca Juga :   Terjemah Al-Fatihah Bahasa Inggris

An-Nisa Ayat 2:

وَآتُوا الْيَتَامَى أَمْوَالَهُمْ وَلا تَتَبَدَّلُوا الْخَبِيثَ بِالطَّيِّبِ وَلا تَأْكُلُوا أَمْوَالَهُمْ إِلَى أَمْوَالِكُمْ إِنَّهُ كَانَ حُوبًا كَبِيرًا (٢)

2. dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu Makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa yang besar.

An-Nisa Ayat 5 :

وَلا تُؤْتُوا السُّفَهَاءَ أَمْوَالَكُمُ الَّتِي جَعَلَ اللَّهُ لَكُمْ قِيَامًا وَارْزُقُوهُمْ فِيهَا وَاكْسُوهُمْ وَقُولُوا لَهُمْ قَوْلا مَعْرُوفًا (٥)

5. dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya[1], harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik.

[1] Orang yang belum sempurna akalnya ialah anak yatim yang belum balig atau orang dewasa yang tidak dapat mengatur harta bendanya.

Advertisement

Pages: 1 2 3 4

Kumpulan Ayat Quran Tentang Anak Yatim | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: