Langkah Efektif Menulis Artikel Ilmiah Yang Baik

Langkah Efektif Menulis Artikel Ilmiah Yang Baik

Langkah Efektif Menulis Artikel Ilmiah – Menulis adalah sebuah kegiatan dimana kita akan menuangkan ide, fikiran bahkan perasaan yang sedang kita alami. Bagi seorang yang sangat senang dengan kegiatan menulis munkin akan memiliki semboyan “menulis maka aku ada”, sehingga jika kesehariannya tidak menulis maka kehidupannya akan terasa hampa.

Dari sekian banyak orang yang ingin memiliki keahlian dalam menulis, ternyata tidaklah mudah untuk menuangkan sesuatu ke dalam bentuk tulisan karena untuk membuat sebuah karya tulis yang baik kita perlu mengetahui bagaimana caranya menulis yang baik dan benar. Pada tulisan ini kita akan belajar tentang bagaimana langkah efektif menulis artikel ilmiah yang baik sehingga enak untuk dibaca oleh orang lain.

Langkah Efektif Menulis Artikel Ilmiah

Menulis Artikel Ilmiah

Ada beberapa langkah yang harus kita tempuh untuk membuat sebuah artikel ilmiah yang baik, adapun langkah efektif menulis artikel ilmiah yang saya maksudkan adalah sebagai berikut :

  • Mampu Berfikir Kritis

Untuk membuat sebuah artikel ilmiah yang bagus diperlukan kemampuan daya berfikir yang kritis, karena dengan sikap kritis maka kita akan mendapatkan data dan informasi yang lengkap tentang sesuatu yang akan kita tulis sehingga hasilnya pun akan sempurna.

  • Memiliki Kemampuan Komunikasi Yang Terlatih

Ketika kita menulis sebuah artikel hendaknya kita bisa berkomunikasi secara ilmiah dengan baik, buatlah sebuah artikel berdasarkan kaidah-kaidah kerangka berfikir ilmiah yang benar sehingga kita akan menyajikan tulisan benar-benar dari dasar yaitu latar belakang masalah yang akan diangkat sampai pada kesimpulan yang benar.

  • Pilihlah Diksi Yang Tepat
Baca Juga :   Kepemimpinan Profetik Dalam Islam - Bercermin Pada Sifat Nabi

Menulis artikel ilmiah adalah salah satu media bagaimana kita menyampaikan isi fikiran kita kepada orang lain dengan baik dan benar bukan ajang unjuk gigi terlebih jika ada satu isu yang lagi hangat. Hendaklah menulis dengan bahasa yang tepat dan tidak usah sok ilmiah.

  • Hindari Plagiasi

Artikel yang baik tentu memiliki nilai keilmuan yang baik pula, artinya tulisan tersebut memang murni menjadi ide fikiran sang penulis, jika ada salah satu pokok fikirannya dari orang lain maka itu sifatnya hanya sebatas kutipan ide yang diberi catatan sendiri dalam tulisannya.

  • Jangan Malu Untuk Mempublikasikannya

Indonesia merupakan negara yang minim akan kontribusi dalam hal karya ilmiah di kancah internasional negara kita indonesia ini masih dibawah singapura dalam hal berkontribusi dalam karya ilmiah. Untuk itu, hendaknya kita belajar menulis dengan baik sedini mungkin dan jangan lupa untuk mempublikasikannya baik dikirim ke koran, jurnal atau juga sebagai catatan pribadi pada sebuah blog seperti beberapa tulisan saya pada blog ini.

Demikianlah beberapa langkah efektif menulis artikel ilmiah, semoga bisa meningkatkan kemampuan anda dalam menulis sebuah artikel ilmiah yang baik dan benar.

Advertisement
Langkah Efektif Menulis Artikel Ilmiah Yang Baik | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: