Macam-Macam Puasa Dan Hukumnya

Macam-Macam Puasa Dan Hukum Menjalankannya

Macam-Macam PuasaPuasa marupakan salah satu ibadah yang biasa dijalankan oleh umat islam terutama pada bulan suci ramadhan, dimana pada bulan ramadhan ini kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Ibadah puasa sendiri ada banyak macamnya, ada puasa yang termasuk kategori wajib untuk melaksanakannya ada pula yang sebatas sunat untuk berpuasa tersebut. Pada tulisan ini akan membahas macam-macam ibadah puasa berdasarkan kualitasnya dan hukumnya.

Baca juga : Keutamaan Bulan Ramadhan

Macam-Macam Puasa Dan Hukumnya

Macam Puasa Dan Hukumnya

Macam-macam Puasa Berdasarkan Kualitasnya

Berdasarkan kualitasnya, puasa seseorang memiliki tigkat-tingkat yang berbeda. Imam Ghazali, dalam kiab ihya ‘ulumuddin, membagi puasa menjadi tiga tingkatan, yaitu : puasa umum, puasa khusus dan puasa khusus al khusus.

Puasa Umum, Predikat puasa umum atau disebut juga puasa orang awam disematkan kepada mereka yang hanya meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa.

Puasa khusus adalah puasa dengan menghindari segala hal yang membatalkan yang dibarengi dengan menjaga pendengaran, penglihatan, perkataan dan perbuatan dari segala bentuk yang jelek atau dosa.

Puasa Khusus al Khusus, puasa khusus al khusus adalah selain menjaga hal-hal yang membatalkan dan menjaga anggota tubuh dari berbuat dosa juga menjaga hati dari hal-hal yang jelek misalnya riya, iri hati dan sombong, juga menjaga pikiran dari hal-hal yang bersifat duniawi, puasa yang ketiga ini adalah tingkatannya para Nabi dan kekasih-kekasihnya.

Baca Juga :   Doa Nabi Adam Meminta Ampun Kepada Allah

Dari ketiga macam-macam puasa di atas tentunya puasa khusus al khusus memiliki tantangan yang paling berat, selanjutnya puasa khusus dan terakhir adalah puasa umum atau puasanya orang awam. Semestinya setiap saat kiat harus meningkatkan kualitas ibadah puasa kita paling tidak mencapai tingkatan puasa khusus.

Macam-macam puasa Berdasarkan Hukumnya

Berdasarkan hukumnya, puasa terbagi atas dua bagian yaitu puasa fardlu atau puasa wajib dan puasa tathawwu’ atau puasa sunah.

Puasa wajib :

– Puasa ramadhan

– Puasa qadha

– Puasa kafarat

– Puasa nazar

Puasa Sunah :

– Puasa Asyura

– Puasa ‘arafah

– Puasa senin-kamis

– Puasa enam hari pada bulan syawal

– Dan lain-lain

Puasa Makruh :

– Puasa pada hari jum’at tanpa dibarengi puasa pada hari senin atau sabtu

– Puasa hari sabtu

Puasa Haram :

Puasa pada hari raya seperti idul fitri. idul adha dan hari tasyrik

Demikian sekilas pembahasan tentang macam-macam puasa dan hukum menjalankannya, semoga kita termasuk golongan orang-orang yang selalu menjalankan ibadah puasa terutama puasa wajib. Semoga bermanfa’at, .

Advertisement
Macam-Macam Puasa Dan Hukumnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: