Mengenal Bahasa Arab Tentang Pembagian Kalam

Materi Bahasa Arab Tentang Pembagian Kalam

Bahasa Arab Tentang Pembagian Kalam – Setelah kita mengetahui materi bahasa arab yang paling dasar yaitu tentang pengertian kalam (Lihat : Belajar Bahasa Arab Dasar), pada kali ini saya akan menulis materi kelanjutannya yaitu tentang tentang pembagian kalam (kalimat dalam bahasa indonesia).

Baca Juga : Keterampilan Berbahasa Arab

Bahasa Arab Tentang Pembagian Kalam

Pembagian Kalam

Dalam bahasa indonesia, pembagian kalam disebut juga kelas kata atau parts of speech dalam bahasa inggris. Pada dasarnya, pengertian kalam dalam bahasa arab dengan pengertian bahasa lainnya memiliki pengertian yang sama hanya saja disajikan dalam bentuk yang berbeda. Mengapa ini terjadi ? munkin alasannya karena faktor budaya dan bentuk dari bahasa tersebut yang berbeda pula.

Lalu, Apa saja materi bahasa arab tentang pembagian kalam tersebut???

Pembagian kalam dalam bahasa arab terbagi ke dalam 3 bagian. yaitu :Isim, Fi’il, Huruf.

  • Isim

Materi pembagian kalam dalam bahasa arab yang pertama adalam Isim. Arti isim secara bahasa adalah nama sedangkan yang dimaksud adalah kata benda. Jadi, untuk mempermudah pemahaman tentang apa itu yang disebut isim, maka sederhananya isim itu adalah kata benda. Pengertian isim adalah :

 كلمة دلت على معنى في نفسها ولم تقترن بزمن وضعا

Artinya : sebuah kata yang menunjukan terhadap arti tersendiri yang tidak disertai dengan waktu kejadiannya (keterangan waktu). Misalnya nama orang, nama makanan, nama hewan dan lain-lain.

Keterangan waktu (زمان) dalam bahasa arab ada tiga kategori, yaitu :

  1. Zaman Madli (ماض), yaitu keterangan waktu yang sudah terjadi. Dalam bahasa inggris disebut dengan istilah Past Tense.
  2. Zaman Hal (حال), yaitu keterangan waktu yang sedang terjadi. Dalam bahasa iggris disebut dengan istilah Continuous Tense.
  3. Zaman Istiqbal (إستقبال), yaitu keterangan waktu yang akan terjadi. Dalam bahasa inggris disebut dengan istilah Future Tense.
Baca Juga :   Lafadz Yang Dinashabkan Dengan Membuang Nun

Kita ambil contoh isim nama hewan ikan lele “القرموط” (karena saya lagi seneng-senengnya mancing ). Kata lele termasuk isim karena ia tidak bisa disertai dengan keterangan waktu, tidak ada istilah sedang lele atau telah lele atau juga akan lele. Berbeda dengan kata “mancing” dimana kata mancing ini termasuk Fi’il (kata kerja) yang pembahasannya akan saya sambung pada tulisan materi belajar bahasa arab tentang pembagian kalam selanjutnya.

Itulah materi bahasa arab tentang pembagian kalam, semoga yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Kalau ada pertanyaan silahkan ajukan dalam kolom komentar ya

Baca Juga : Pengertian Fi’il

Yang dicari:

Mengenal Bahasa Arab Tentang Pembagian Kalam | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: