Metode Pembelajaran Bahasa Arab Terbaru

Metode Pembelajaran Bahasa Arab Efektif

Metode Pembelajaran Bahasa Arab Efektif – Pada dasarnya, mempelajari bahasa arab yang efektif adalah dengan menguasai dasar-dasar kaidahnya terlebih dahulu (Baca : Kaidah Tata Bahasa Arab). Namun, ada beberapa macam metode yang biasa digunakan dalam pembelajaran tata bahasa arab supaya lebih mudah untuk dipelajari.

Adapun metode pembelajaran bahasa arab tersebut antara lain :

Metode Pembelajaran Bahasa Arab Efektif

Metode Belajar Bahasa Arab

Pertama metode cabang-cabang, yaitu metode untuk mempelajari bahasa arab dimana materi-materinya dibagi atas beberapa cabang ilmu secara terpisah Misalnya Ilmu Nahwu, Sharaf, I’lal dan lain-lain. Kita mempelajari setiap cabang ilmu tersebut secara terpisah, metode ini memiliki kelebihan yaitu kita bisa membahasnya secara mendalam dan mendetail hanya saja kekurangan dari metode ini adalah terkadang kita kesulitan mendapatkan gambaran dari cabang-cabang ilmu tersebut sebagai suatu system dan ada kesan bahwa cabang ilmu tersebut tidak saling berkaitan.

Kedua metode kesatuan, yaitu metode pembelajaran bahasa arab dimana meterinya disajikan menjadi satu kesatuan sekaligus. Kelebihan metode ini adalah kita bisa lebih cepat mempunyai gambaran bahwa ilmu bahasa arab itu sebagai suatu system, sedangkan kelemahannya adalah sering kali pembahasannya kurang mendalam dan tidak mendetail.

Ketiga metode I’rab atau dikenal dengan istilah ngerab, yaitu strategi pembelajaran bahasa arab dengan cara mengurai setiap kata dalam susunan kalimat bahasa arab menurut I’rab dan Binanya, alamatnya, jenisnya, derivasinya dan lain-lain. Hanya saja metode ini lebih efektif digunakan oleh mereka yang sudah mempunyai dasar-dasar kaidah ilmu bahasa arab.

Baca Juga :   Contoh Kalimat Isim | Kalimat Isim Dan Penjelasannya

Sebenarnya, kita masih bisa terus mengembangkan bagaimana strategi dan metode yang cocok untuk diterapkan untuk mengajarkan bahasa arab kepada anak didik karena tidak semua metode yang sudah disebutkan di atas itu cocok untuk setiap sekolah atau madrasah dan ketika salah satu metode di atas cocok diterapkan pada suatu sekolah misalnya maka itu juga belum tentu cocok diterapkan pada sekolah lain sehingga kita perlu lagi metode pembelajaran lain yang terbaru. Metode pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Gontor adalah salah satu metode pengajaran yang bisa jadi contoh.

Apapun strategi pembelajaran yang diterapkan, yang penting itu yang terbaik untuk anak didik, semoga metode pembelajaran bahasa arab di atas bermanfaat dan bisa diterapkan dalam mempelajari bahasa arab.

Advertisement
Metode Pembelajaran Bahasa Arab Terbaru | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: