Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah Secara Umum

Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah

Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah – Al-Quran adalah kitab suci bagi umat islam. Selain kitab seci, al-Quran juga merupakan sumber hukum utama dalam ajaran agama islam. Al –Quran berisi tentang wahyu-wahyu allah swt yang diturunkan pedada nabi Muhammad saw lewat perantaraan malaikat jibril.

Al-Quran memiliki kedudukan yang sangat tinggi bagi penganut agama islam, sehingga umat islam akan sangat marah apabila ada orang atau pihak yang mencoba melecehkan alQuran. Lalu, bagaimana pengertian al-Quran itu sendiri…? Disini, akan saya bahas pengertian al-Quran menurut bahasa dan sitilah. Dengan adanya kedua pengertian tersebut (bahasa dan istilah) diharapkan memberikan informasi yang baik bagi anda sebagai pembaca.

Pelajari Juga :Pengertian Hadits Qudsi Beserta Contohnya

Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah

Al-Quran

Secara bahasa (etimologi), al-Quran berasal dari bahasa arab yaitu qur’an, dimana kata “qur’an” sendiri merupakan akar kata dari قرأ – يقرأ – قرآنا . Kata قرآنا secara bahasa berarti bacaan karena seluruh isi dalam al-Quran adalah ayat-ayat firman allah dalam bentuk bacaan yang berbahasa arab. Sedangkan pengertian al-Quran menurut istilah (terminologi) ialah firman Allah yang berbentuk mukjizat, diturunkan kepada nabi terakhir, melalui malaikat jibril yang tertulis dalam di dalam mushahif, yang diriwayatkan kepada kita dengan mutawatir, merupakan ibadah bila membacanya, dimulai dengan surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat an-Naas.[1]

Baca Juga :   Terjemahan Al Falaq Dalam Bahasa Inggris

Definisi atau pengertian al-Quran menurut bahasa dan istilah di atas merupakan kata sepakat antara ulama dan para ahli ushul. Al-Quran diturunkan oleh allah swt sebagai tata aturan bagi kehidupan semua bangsa, petunjuk yang benar untuk semua makhluk, tanda bukti atas kebenaran rasulullah Muhammad saw, dalil yang qot’ie atas kenabian dan risalahnya. Dan sebagai hujjah yang tetap tegak hingga hari kemudian.

Baca juga :Perbedaan Quran Dengan Hadits Kudsi

Sebenarnya pengertian al-Quran itu sendiri sangat luas, ia tidak hanya terpaku pada satu pengertian, masih banyak pengertian lain tentang al-Quran menurut para ahli, namun yang paling mendekati dan sesuai dengan para ahli adalah pengertian seperti yang sudah disebutkan tadi. Demikian sekilas tentang pengertian al-Quran menurut bahasa dan istilah, semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Source :

[1] Moch. Ali Ash-Shabunie, Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Quran, hal 17.

Advertisement
Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah Secara Umum | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: