Pengertian Amil Dalam Ilmu Nahwu

Bagaimana Pengertian Amil Dalam Ilmu Nahwu Bahasa Arab

Pengertian Amil Dalam Ilmu Nahwu – Ilmu nahwu berkaitan erat dengan yang namanya baris atau i’rab sehingga materi pertama yang dibahas dalam ilmu nahwu adalah bab I’rab. I’rab dalam ilmu nahwu dipengaruhi oleh kedudukannya, sedangkan kedudukan sebuah kalimat dalam ilmu nahwu dipengaruhi oleh yang namanya “‘Amil”. Untuk pembahasan bab I’rab lebih lanjut, silahkan lihat disini : Pengertian Irab Dan Bagiannya Dalam Bahasa Arab

Bagaimana Pengertian Amil Dalam Ilmu Nahwu Bahasa Arab

Amil Dalam Ilmu Nahwu

Secara bahasa, arti dari kata “‘amil” adalah faktor, pengertian amil dalam ilmu nahwu juga dapat difahami demikian, artinya faktor sebuah kalimat menyebabkan kalimat lain berkedudukan tertentu misalnya dengan adanya huruf amil nawasib maka lafad fiil muhhari ber-i’rab nashab, atau yang merafa’kan khabar adalah mubtada maka mubtada menjadi faktor (amil) terhadap rofa’nya khabar.

Baca Juga :   Kalimat Fiil Madhi : Pengertian Beserta Contohnya

Secara umum, amil yang dimaksud dalam ilmu nahwu adalah apa yang telah disebutkan pada paragraf di atas. Namun, dalam ilmu nahwu sendiri ada bab khusus yang membahas tentang amil ini yaitu amil nawashib dan amil jawazim, untuk mengetahui pembahasannya lihat pada tuisan sebelumnya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai apa pengertian amil dalam ilmu nahwu yang biasa kita temui pembahasannya ketika belajar ilmu nahwu. Wa Allahu A’lam.

Advertisement
Pengertian Amil Dalam Ilmu Nahwu | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: