Pengertian Artikel Ilmiah Dan Macam-Macamnya

Artikel

Pengertian Artikel Ilmiah – Dalam dunia tulis menulis kita sering mendengar istilh artikel, istilah artikel ini sering didengar terutama bagi mereka yang sedang menempuh dunia pendidikan ataupun bagi kalangan blogger yang memiliki hoby untuk membuat tulisan untuk dibagikan dan dipublikasikan di internet.

Pengertian Artikel Ilmiah Dan Bagiannya

Artikel Ilmiah

Lalu, Apa sebenarnya pengertian artikel itu sendiri, . ??? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian artikel ilmiah dan bagian-bagiannya.

Pengertian Artikel Ilmiah

Secara bahasa menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) artikel adalah karya tulis lengkap misalnya laporan sebuah berita, essai dalam majalah surat kabar dan lain-lain. Adapun secara istilah, pengertian artikel ilmiah adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmih dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atu ditetapkan (Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Hal 7). Ada perbedaan yang jelas antara pengertian artikel dan artikel ilmiah, Artikel hanya sebuah tulisan lengkap tanpa didasari sebuah pedoman atau tata cara penulisan ilmiah sedangkan artikel ilmiah menggunakan kaidah-kaidah penulisan ilmiah sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Artikel ilmiah biasanya ditulis oleh kalangan akademis seperti mahasiswa, dosen, pustakawan dan peneliti untuk kebutuhan akademis pula misalnya sebagai syarat kelulusan atau pun hanya sekedar untuk kenaikanpangkat. Sebuah karya artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka atau pemikiran, atau juga hasil pengembangan dalam sebuah proyek penelitian.

Baca Juga :   Faktor-Faktor Agresivitas Di Kalangan Remaja

Macam-macam artikel

Dilihat dari sistematika cara penyajian atau penulisan dan isinya, maka artikel dapat dikelompokan ke dalam dua macam, yaitu : artikel hasil dari penelitian dan artikel nonpenelitian.

  • Artikel Penelitian

Artikel penelitian adalah artikel yang ditulis dengan melewati proses penelitian sebelumnya, baik itu penelitian lapangan atau pun penelitian pustaka (Library Research).

  • Artikel NonPenelitian

Artikel Nonpenelitian adalah kebalikannya dari artikel penelitian, yaitu artikel yang ditulis tanpa melalui proses penelitian terlebih dahulu. Artikel nonpenelitian ini biasanya bersifat subjektif dengan gaya bahasa kehidupan sehari-hari dan tidak disertai dengan fakta umum sebagai penguatnya.

Demikian sekilas tentang pengertian artikel ilmiah dan pembagiannya, semoga bermanfaat untuk teman-teman.

Yang dicari:

Advertisement
Pengertian Artikel Ilmiah Dan Macam-Macamnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: