Pengertian Dan Ayat Quran Tentang Dengki

Pengertian Dengki Dan Ayat Quran Tentang Dengki

Ayat Quran Tentang Dengki – Dengki atau hasad adalah suatu sikap yang ada pada seseorang dimana ia tidak akan senang jika orang lain mendapatkan keberhasilan atau kesuksesan dalam hidupnya. Sikap dengki ini merupakan salah satu sifat tercela yang sangat dibenci oleh allah swt. Orang yang hatinya dipenuhi oleh rasa dengki pasti hidupnya tidak akan tenang, setiap kali ia melihat keberhasilan atau kesuksesan orang lain maka ia tidak akan senang dan hatinya merasa tersiksa.

Lihat juga : Ayat Tentang Syukur Dalam Al-Quran

Hati-hati dengan penyakit dengki ini, selamanya kita tidak akan bisa maju jika dalam hati masih ada rasa dengki karena ia hanya sibuk memikirkan bagaimana caranya menjatuhkan orang lain bukannya memikirkan kemajuan diri sendiri. Dalam al-quran terdapat ayat-ayat yang berkaitan dengan dengki tersebut.

Pengertian Dengki Dan Ayat Quran Tentang Dengki

Pengertian Dan Ayat Tentang Dengki

Berikut ini adalah ayat quran tentang dengki yang terdapat dalam tiga surat :

1 Berlindung Dari Sikap Dengki

Ayat quran tentang dengki yang pertama terdapat dalam surat al-falaq ayat 1-5 :

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ (١)مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (٢)وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (٣)وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (٤)وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (٥)

1. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh,
2. dari kejahatan makhluk-Nya,
3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
4. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul[1609],
5. dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

2 Rasa Dengki Akan Menyebabkan Ingkar Kepada Allah

Ayat quran tentang dengki yang kedua terdapat dalam surat al-Baqarah ayat 90 :

Baca Juga :   Ayat Tentang Kisah Kaum Saba Dalam Al-Quran

بِئْسَمَا اشْتَرَوْا بِهِ أَنْفُسَهُمْ أَنْ يَكْفُرُوا بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ بَغْيًا أَنْ يُنَزِّلَ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ عَلَى مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ فَبَاءُوا بِغَضَبٍ عَلَى غَضَبٍ وَلِلْكَافِرِينَ عَذَابٌ مُهِينٌ (٩٠)

90. Alangkah buruknya (hasil perbuatan) mereka yang menjual dirinya sendiri dengan kekafiran kepada apa yang telah diturunkan Allah, karena dengki bahwa Allah menurunkan karunia-Nya[71] kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya. karena itu mereka mendapat murka sesudah (mendapat) kemurkaan[72]. dan untuk orang-orang kafir siksaan yang menghinakan.

3 Dengki terhadap Muslim

Ayat quran tentang dengki yang terakhir terdapat dalam surat Ali Imran ayat 120 :

إِنْ تَمْسَسْكُمْ حَسَنَةٌ تَسُؤْهُمْ وَإِنْ تُصِبْكُمْ سَيِّئَةٌ يَفْرَحُوا بِهَا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ (١٢٠)

120. jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.

Demikian pengertian dan ayat quran tentang dengki, semoga kita terhindar dari sikap tersebut. Semoga bermanfaat, .

Yang dicari:

Pengertian Dan Ayat Quran Tentang Dengki | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: