Pengertian Fail Dan Contohnya

Pengertian Fail Dan Contohnya Dalam Bahasa Arab

Pengertian Fail – Melanjutkan dari tulisan sebelumnya mengenai isim-isim yang dirafakan, dimana jumlah isim tersebut ada 7 macam, sebagaimana telah disebutkan pada tulisan sebelumnya. Bagi sobat yang belum mengetahuinya bisa dilihat disini : Isim Yang Dirafakan

Bagian pertama dari anggota isim yang dirafakan adalah Fa’il. Bagaimana pengertian fail tersebut? Secara bahasa yang dimaksud dengan fa’il ialah pelaku, dalam bahasa indonesia kita mengenalnya dengan sebutan “subjek”. Sedangkan yang dimaksud dengan pengertian atau definisi fa’il berdasarkan ilmu disini ialah isim marfu’ (i’rabnya rafa’) yang mana ia disebutkan sesudah fi’ilnya, jadi posisinya itu ialah setelah fi’il.

Pengertian Fail Dan Contohnya Dalam Bahasa Arab

Definisi Fail

Dalam tata bahasa indonesia, susunan sebuah kalimat ialah subjek + predikat + objek, namun lain halnya dengan bahasa arab dimana susunan kalimatnya ialah predikat (fi’il) + subjek (fa’il) + objek (maf’ul).

Contoh :

Zaid (S) memukul (P) pintu (O).

Jika dialihbahasakan ke dalam bahasa arab maka terjemahannya adalah

ضَرَبَ زَيْدٌ البَابَ

ضَرَبَ = memukul

زَيْدٌ = Zaid

البَابَ = pintu

Dari contoh di atas, yang menjadi contoh fa’ilnya adalah kata زَيْدً dimana kata ini posisinya setelah fi’il kata ضَرَبَ . Kata زَيْدٌ menjadi fa’il yang dirafa’kan dengan dhammah, kenapa rafa’nya dengan dhammah? sebab ia isim mufrad. (Baca : Pengertian Isim Mufrod ) Dan kenapa harus dengan dhammah? (baca disini : Lafadz Yang Dirafa’kan Menggunakan Dhammah )

Baca Juga :   Pengertian Amil Nawashib

Fa’il itu sendiri terbagi menjadi dua bagian, ada fa’il isim dhahir dan ada fa’il isim dhamir (tersembunyi).

  • Fa’il Isim Zhahir

Pengertian fail isim zhahir ialah fail yang menunjukan kepada yang disebutkannya tanpa ikatan. Sederhananya adalah subjek (fa’il) yang bukan kata ganti, jadi yang menjadi subjek (fa’il pada kalimat itu bukan isism mudhmar). contohnya nama orang, kata benda dll.

  • Fa’il Isim Mudhmar

Sedangkan yang dimaksud dengan fa’il isim dhamir ialah lafadz (fa’il) yang menunjukan kepda pembicara (mutakallim / orang pertama), atau yang diajak bicara (mukhathab / orang kedua) atau yang dibicarakan (ghaib / orang ketiga). Jadi yang menjadi fa’ilnya adalah kata ganti contoh اَنَا (saya) اَنْتَ (kamu) نَحْنُ (kita). Untuk pembahasan lebih rinci mengenai isim mudhmar ini insyaallah akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Demikian pembahasan singkat megenai pengertian fail beserta contohnya dalam kaidah bahasa arab. Semoga bermanfaat, .

Advertisement
Pengertian Fail Dan Contohnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: