Pengertian Fiil Amr Dan Contohnya

Pengertian Fiil Amr Serta Contohnya

Pengertian Fiil Amr – Salah satu bagian fiil yang mesti kita fahami juga adalah fiil amr, bentuk fiil ini merupakan bagian terakhir dari tiga bentuk fiil berdasarkan waktunya dimana dua bagiannya sudah kita bahas pada tulisan sebelumnya yaitu Kalimat Fiil Madhi danPengertian Fiil Mudhari. Kawan-kawan bisa membaca dua tulisan tersebut untuk memahami dua bentuk fiil sebelumnya yaitu fiil madhi dan fiil mudhari.

Lantas, bagaimanakah pengertian fiil amr tersebut ? mari kita bahas bersama. Kita fahami terlebih dahulu pengertiannya berdasarkan bahasanya, secara bahasa arti kata “amr” adalah “memerintah” sedngkan fiil itu sendiri adalah kata kerja, jadi definisi atau pengertian fiil amr adalah kata kerja yang berbentuk perintah atau lebih singkatnya kata perintah.

Pengertian Fiil Amr Dan Contohnya

Pengertian Fiil Amr

Dalam bahasa indonesia, kata perintah sering diakhiri dengan kata akhiran “lah” misalnya tulislah, makanlah, tidurlah dan sebaginya. Sedangkan definisi fiil amr secara istilah ilmu nahwu adalah :

مَا دَلَّ عَلى حَدَثٍ فِي المُسْتَقْبَلِ

Artinya : lafadz yang menunjukan perbuatan pada masa yang akan datang.

Lafadz yang mengandung makna amar pasti kejadiannya belum terjadi dan tidak sedang terjadi misalnya kata “tulislah” seperti pada contoh di atas, ketika seorang guru memerintahkan untuk menulis kepada muridnya dengan kata berkata “tulislah” berarti murid tersebut dalam keadaan belum menulis samasekali, jika perbuatan menulisnya sudah selesai maka itu disebut dengan fiil madhi dan jika perbuatan menulisnya sedang terjadi maka itu disebut dengan fiil mudhari.

Untuk mengetahui apakah lafadz tersebut fiil amar atau bukan kita harus mengetahui wazan-wazannya terlebih dahulu, karena setiap wazan tasrif setiap fiil itu berbeda-beda baik yang mujarod maupun mazin demikian juga yang tsulasi dan ruba’i.

Demikian juga aturan harokat dalam fiil amr juga berbeda-beda setiap wazannya, silahkan kawan–kawan amati perbedaan tersebut pada contoh-contoh fiil amr di bawah ini :

Fiil Madhi

Artinya

إِقَرَ

Bacalah

أُكَتَبْ

Tulislah

إِجَلَسْ

Duduklah

إًضَرَب

Pukulah

إًفْتَحْ

Bukalah

أُنْصُرْ

Tolonglah

إِحْسِبْ

Hitunglah

إِعْلَمْ

Ketahuilah

إِقَطَعْ

Potonglah

إِغَلَقْ

Kuncilah

Demikian bagaimana pembahasan tentang pengertian fiil amr dalam bahasa arab dan baimana contohnya, semoga mudah difahami dn bisa bermanfaat untuk anda.

Yang dicari:

Pengertian Fiil Amr Dan Contohnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: