Pengertian Fiil Mudhari Dan Contoh Bahasa Arabnya

Pengertian Fiil Mudhari Beserta Contoh Bahasa Arabnya

Pengertian Fiil Mudhari – Fiil mudhari merupakan salah satu bagian dari tiga bentuk fiil yaitu fiil madli, mudhari dan amar. Sebagaimana telah dibahas sebelumnya bahwa yang dimaksud dengan fiil adalah “kata kerja”, maka setiap kata kerja dalam bahasa arab ia disebut dengan fiil. Untuk memahami bagaimana pengertian kalimat fiil mudhari ini sebaiknya sobat fahami dahulu tulisan saya sebelumnya tentang pengertian fiil.

Baca Disini : Materi Bahasa Arab Tentang Fiil Atau Kata Kerja

Pengertian Fiil Mudhari Dan Contoh Bahasa Arabnya

Pengertian Lafadz Fiil Mudhari

Bagi yang sudah faham tentang bagaimana pengertian fiil kita langsung lanjut saja kepada materi inti yang akan dibahas pada tulisan ini yaitu pengertian fiil mudhari. Kata مُضَارِع dalam bahasa arab berarti sekarang, saat ini atau hadir, maka secara sederhana yang dimaksud dengan fiil mudhari adalah kata kerja yang menunjukan keterangan waktu kejadian dimana kejadian tersebut sedang terjadi.

Sedangkan pengertian fiil mudhari menurut istilah ilmu nahwu ialah sebagai berikut ini :

مَادَلَّ عَلَى حَدَثٍ يَقْبَلُ الْحَالَ وَالْاِسْتِقْبَالَ

Artinya : lafadz yang menunjukan kejadian (perbuatan) yang sedang berlangsung dan yang akan datang.

Mkasudnya ia sebuah lafadz dimana lafadz tersebut menunjukan kejadian yang sedang berlangsung, namun adapula yang menunjukan kejadian yang akan datang misalnya lafadz تَأْكُلُ yang berarti “kamu sedang makan”. Kata تَأْكُلُ digunakan manakala anda sedang makan atau akan melangsungkan kegiatan makan, jika proses makannya sedah selesai maka tidak menggunakan fiil mudhari lagi akan tetapi menggunakan fiil madli.

Cara mudah untuk mengetahui apakah lafadz tersebut termasuk fiil mudhari atau bukan adalah dengan adanya tanda huruf mudhara’ah yang berjumlah empat huruf pada awal lafadzya. Adapun huruf Mudhara’ah tersebut ialah أ-ن-ي-ت, maka jika ada lafadz yang dimulai dengan salah satu huruf mudhara’ah tersebut kemungkinan besar ia adalah lafadz fiil mudhari.

Cara yang pasti untuk mengetahui sebuah lafadz apakah ia termasuk fiil muhari atau bukan ialah dengan mengetahui wazan-wazan dari fiil mudhari tersebut. Untuk mengetahui wazan-wazan fiil mudhari insyallah akan ditulis pada postingan-postingan selanjutnya.

Baca Juga : Pengertian Jamak Muannats Salim

Demikian pembahasan ilmu nahwu yang berkaitan dengan pengertian fiil mudhari yang bisa saya jelaskan, mohon maaf bisa pembahasannya kurang difahami.

Yang dicari:

Pengertian Fiil Mudhari Dan Contoh Bahasa Arabnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: