Pengertian Haji Dan Syarat Wajib Haji Dalam Islam

Pengertian Haji Dan Syarat Wajib Haji

Pengertian Haji – Haji merupakan salah satu rukun islam yang lima, sungguh beruntung sekali jika seorang muslim mendapat kesempatan untuk melaksanakan salah satu rukun islam ini. Lalu, apa yang dimaksud dengan haji tersebut, dan apa pula syarat-syaratnya seorang muslim diwajibkan untuk melaksanakan haji.

Baca juga : Ayat Quran Tentang Haji

Pengertian Haji Dan Syarat Wajib Haji Dalam Islam

Pengertian Ibadah Haji

Pengertian Haji

Haji secara bahasa berarti “menyengaja sesuatu”, sedangkan pengertian Ibadah haji menurut istilah (syara’) adalah sengaja mengunjungi ka’bah (rumah suci) untuk melakukan beberapa amal ibadah dengan didukung syarat-syarat tertentu. Haji merupakah suatu kewjiban sekali seumur hidup yang harus ditunaikan oleh seorang muslim manakala ia telah memiliki kemampuan untuk melaksanakannya baik secara fisik maupun finansial. Allah SWT berfirman :

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ (٩٧)

97. mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah.

Baca Juga :   Doa Qunut Dan Latinnya, Lengkap Dengan Hukum Dan Terjemahannya

Syarat Wajib Haji

Adapun syarat wajib haji ada 4 yaitu :

1. Islam, maka tidak wajib dan tidak sah jika orang kafir berhaji.

2. Berakal, maka haji tidak wajib bagi orang gila dan orang bodoh.

3. Balig, maka haji tidak wajib bagi anak-anak.

4. Mampu, maka tidak wajib bagi yang tidak mampu.

Sebagai seorang muslim tentunya kita harus punya kemauan dan tekad yang kuat supaya bisa menunaikan ibadah haji ini supaya bisa menyempurnakan rukun islam yang 5. Demikianlah pengertian haji dan syarat-syaratnya, semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji ini. Amiiin, .

Pengertian Haji Dan Syarat Wajib Haji Dalam Islam | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: