Pengertian Huruf Dalam Bahasa Arab Dan Contohnya

Pengertian Huruf Dalam Bahasa Arab Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Huruf Dalam Bahasa Arab – Setelah memahami dua kelas kata dalam bahasa arab sebelumnya yaitu isim dan fi’il maka anda harus memahami pengertian huruf. Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana pengertian huruf dalam kaidah bahasa arab sekaligus lengkap dengan contohnya sehingga akan lebih mudah untuk difahami.

Baca Juga : Pengertian Huruf Jar Dan Anggotanya

Pengertian Huruf Dalam Bahasa Arab

Huruf Dalam Bahasa Arab

Huruf (حرف) merupakan kelas kata yang ketiga, dimana pengertian huruf dalam bahasa arab sama halnya dengan pegertian huruf dalam bahasa indonesia karena kata huruf dalam bahasa indonesia merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa arab.

Adapun pengertian huruf dalam bahasa arab yaitu :

كلمة دلت على معنى في غيرها

Artinya sebuah kata yang menunjukan arti ketika disandingkan dengan kata lain (isim dan fi’il).

Huruf tidak memiliki arti dalam dirinya sendiri akan tetapi ia memiliki arti ketika menyatu dengan kata lain misalnya :

رَجَعْتُ مِنَ المَدْرَسَةِ

“saya pulang dari sekolah”

Baca Juga :   Nahwu : Isim Yang Dinashabkan

pada contoh di atas yang menjadi contoh hurufnya adalah kata من artinya “dari” yang termasuk ke dalam huruf jar. sebagaimana kita fahami bahwa kata “dari” ini tidak memiliki arti apa-apa jika dia hanya berdiri sendiri akan tetapi kata “dari” ini akan memiliki makna ketika disandingkan dengan kata lain seperti pada contoh di atas.

Dalam kaidah bahasa arab, terdapat banyak kata yang termasuk kategori huruf diantaranya huruf jar dan huruf Mudhari. Untuk penjelasan secara terperincinya insyallah akan dibahas pada tulisan-tulisan selanjutnya.

Demikianlah pengertian huruf dalam bahasa arab lengkap beserta contohnya, semoga bisa membantu anda dalam mempelajari bahasa arab sehingga menjadi lebih mudah untuk memahaminya.

Advertisement
Pengertian Huruf Dalam Bahasa Arab Dan Contohnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: