Pengertian Isim Jamak Mudzakkar Salim Dan Contohnya

Pengertian Isim Jamak Mudzakkar Salim Dan Contohnya

Pengertian Isim Jamak Mudzakkar Salim hampir mirip dengan pengertian jamak muannata salim yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya, hanya saja perbedaannya adalah jika jamak muannats salim cara menjamakkannya adalah dengan menambahkan alif dan ta sedangkan jamak mudzakkar salim dengan menambahkan wawu dan nun dalam posisi rofa’ dan iya dan nun dalam posisi nasob.

Baca Juga : Pengertian Jamak Muannats Salim

Jika sobat ingin membuat sebuah lafadz yang memiliki makna banyak bagi laki-laki maka gunakanlah jamak mudzakkar salim, jika ingin membuah sebuah lafadz yang memiliki makna banyak untuk perempuan maka gunakanlah jamak muannats salim.

Pengertian Isim Jamak Mudzakkar Salim Dan Contohnya

Pengertian Jamak Mudzakkar Salim

Secara bahasa, pengertian jamak mudzakkar salim adalah lafadz yang menunjukan makna banyak untuk mudzakkar (laki-laki) dan lafadz aslinya tetap dalam bentuk mufrodnya, ia hanya akan memiliki makna banyak jika ditambahkan wawu dan nun atau iya dan nun.

Sedangkan pengertian isim jamak mudzakkar salim menurut istilah ilmu nahwu ialah sebagai berikut :

اَللَّفْظُ الدَّلُ عَلَى الجَمْعِيَّةِ بِوَاوٍ وَنُوْنٍ فَىْ آخِرِهِ فِى حَالَةِ الرَّفْعِ وَيَاءٍ وَنُوْنٍ فِى حَالَةِ النَّصْبِ وَالجَرِّ.

Artinya : Lafadz yang menunjukan bentuk jamak dengan memakai wawu dan nun pada huruf akhirnya bila dalam keadan rafa’, dan ditambahkan iya dan nun bila dalam keadaan nashab dan jar.

Tampak jelas sekali dari pengertian di atas bagaimana pengertian isim jamak mudzakkar salim, kiranya sangat mudah untuk difahami. Untuk lebih mempermudah dalam memahami pengertian di atas, berikur contoh kalimat jamak mudzakkar salim dalam bahasa arab.

Contoh kalimat jamak mudzakar salim :

 جَاءَ المُسْلِمُوْنَ      = Dalam keadaan rafa’

رَأَيْتُ المُسْلِمِيْنَ    = Dalam keadaan nashab

مَرَرْتُ بِالمُسْلِمِيْنَ  = Dalam keadaan jar

Pada contoh di atas nampak jelas bagaimana perbedaan jamak mudzakkar salim ketika dalam keadaan rafa’, nashab, dan jar, hanya saja untuk mengetahui apakah ia keadaan nashab atau jar sobat cukup mengetahui ‘amil yang memerintahkan sebelumnya, jika ia posisinya maf’ul berarti nashab namun bila posisinya majrur seperti contoh nomor tiga di atas berarti ia jar.

Baca Juga : Pengertian Isim Mufrod Dan Contoh

Sampai disini dulu pembahasan ilmu nahwu tentang pengertian isim jamak mudzakkar salim dalam bahasa arab, semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga :   Zharaf Zaman Dan Zharaf Makan
Advertisement
Pengertian Isim Jamak Mudzakkar Salim Dan Contohnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: