Pengertian Isim Ma’rifat, Anggota Dan Contohnya

Pengertian Isim Ma’rifat Dan Contohnya

Pengertian Isim Ma’rifat – Slahsatu hal penting yang perlu diketahui ketika kita ingin memahami ilmu nahwu dalam bahasa arab adalah mengetahui isim ma’rifat, lawan dari isim ma’rifat adalah isim mnakirah.

Pada tulisan ini akan dibahas mengenai definisi atau pengertian isim ma’rifat dalam ilmu nahwu, kemudian apa saja kalimat yang termasuk pada isim ma’rifat tersebut. Untuk pembahasan isim nakirah insyaallah akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Baca juga : Isim-isim Yang Dirafakan

Pengertian Isim Ma'rifat, Anggota Dan Contohnya

Definisi Isim Ma’rifat

Pengertian isim ma’rifat adalah :

مَا دَلَّ عَلى مُعَيَّنٍ

Lafadz yang menunjukan benda tertentu.

Jadi, yang dimaksud dengan isim ma’rifat adalah lafadz yang khusus menunjukan benda tertentu, misalnya kata “rumah” tentu maknanya berbeda dengan kata “rumah itu”, kata “rumah itu” maknanya jelas menunjukan sebuah rumah ini yang dmaksud dengan isim ma’rifat, kalau “rumah” saja berarti dia masih umum dan ini yang dimaksud dengan isim nakirah yang mana penjelasan lebih lanjutnya akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Adapun anggota dari isim ma’rifat tersebut ada lima, yaitu :

  1. Isim mudhmar, seperti lafadz اَنَا (kamu) dan اَنْتَ (kamu).
  2. Isim ‘alam (nama), seperti lafadz zaid (nama orang) dan Jakarta (nama kota).
  3. Isim mubham (samar atau belum jelas), seperti هذا (untuk menunjukan perkara yang dianggap mudzakar), هذه (untuk menunjukan perkara yang dianggap muannats), هؤلاء (untk menunjukan jamak mudzakar). Selain itu, iaim mubham juga mencakup isim isyarah dan isim mausul. Untuk penjelasan kedua isim ini akan dibahas pada tulisan selanjutnya.
  4. Isim yang diberi alif dan lam, seperti lafad السَيّاَرَةْ (sebuah mobil) dan المَنْزِلُ (sebuah rumah).
  5. Isim yang diidofatkan pada salahsatu diantara bagian yang empat di atas, seperti سَيَّارَتُكَ (mobilmu) كِتَابُكَ (bukumu).
Baca Juga :   Pengertian Huruf Dalam Bahasa Arab Dan Contohnya

Baca juga : Pengertian Irab Dan Bagiannya

Sangat mudah sekali bukan untuk memahami apa itu pengertian isim ma’rifat dalam ilmu nahwu bahasa arab, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat, .

Yang dicari:

Pengertian Isim Ma’rifat, Anggota Dan Contohnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: