Pengertian Isim Mufrod Dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Isim Mufrod Dan Contohnya

Pengertian Isim Mufrod – Sebelum mengetahui apa saja tanda-tanda i’rab baik i’rab rofa, nasab, khofadz dan jazm, sebaiknya anda mengetahui bagaimana definisi atau pengertian-pengertian kalimat-kalimat dalam bahasa arab seperti pengertain isim mufrod, isim tatsniyah, jamak mudzakar salim, jamak muannas salim dan jamak taksir, karena semua tanda-tanda i’rab akan berkaitan dengan kalimat-kalimat tersebut.

Pada tulisan pembelajaran bhasa arab ini kita akan membahas tentang pengertian isim mufrod dan bagaimana contoh kalimatnya supaya lebih mudah untuk dimengerti. Pengertian isim mufrod secara bahasa adalah “kata benda tunggal” sebagaimana dari dari kata isim itu sendiri adalah “kata benda” dan mufrod adalah “menyendiri atau tunggal”.

Pengertian Isim Mufrod Dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Dan Contoh Isim Mufrod

Adapun pengertian isim mufrod menurut istilah ilmu nahwu adalah sebagai berikut :

مَا لَيسَ مُثَنَّي وَلَا مَجمُوعًاً وَلَا مُلحَقًاً بِهِمَا وَلَا مِنَ الأَسمَاءِ الخَمسَةِ

Artinya : isim yang bukan mutsana (Tatsniyah), bukan jamak, bukan mulhak jamak atau mulhaq tatsniyah, dan bukan pula dari asmaul khamsah (isim-isim yang lima).

Sebagaimana pengertian di atas, bahwa yang dimaksud dengan isim mufrod adalah isim yang hanya menunjukan makna satu, bukan dua (tatsniyah) bukan juga banyak (jamak), dalam bahasa indonesia isim mufrod ini sering ditandai dengan “se” misalnya seorang, seekor, sebuah, secangkir. Kata “الرَجُلُ” “seorang lelaki” maknanya adalah tunggal (mufrod) karena seorang pemuda pastinya hanya satu orang, tidak munkin dia dua orang karena kalau dua orang maka bukan “seorang lelaki” lagi akan tetapi “dua orang lelaki” “رَجُلَانِ“.

Contoh kalimat isim mufrod :

جَاءَ مُحَمَّدٌ

Muhammad telah datang

Contoh kalimat di atas adalah contoh kalimat isim mufrod karena maknanya adalah tunggal, tidak ada ciri tatsniyah dan tidak ada pula ciri jamak. Untuk contohnya lebih banyak bisa dilihat disini : Isim Mufrod Dalam Al-Quran

Banyak contoh isim mufrof yang terdapat dalam al-quran, diantaranya dalam Surat al-Baqarah ayat 285 (Lihat Disini : Surat Al-Baqarah). Disana terdapat contoh isim mufrod yaitu kata “الرَّسُولُ” yang artinya adalah rasul (satu orang rasul). Isim mufrod ada yang termasuk ma’rifat (khusus) dan ada pula yang nakirah (umum), untuk pembahasannya insyallag akan ditulisan pada postingan selanjutnya.

Baca Juga : Pengertian Irab Dan Bagiannya Dalam Bahasa Arab

Demikian pengertian isim mufrod beserta contoh kalimatnya, jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui halaman FB di samping.

Baca Juga :   Khabar Muqaddam Dan Mubtada Muakhor
Advertisement
Pengertian Isim Mufrod Dan Contoh Kalimatnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: