Pengertian Isim Nakirah Bahasa Arab

Pengertian Isim Nakirah Dan Contohnya Bahasa Arab

Pengertian Isim Nakirah – Dalam ilmu nahwu bahasa arab ada istilah isim nakirah, dimana ia adalah kebalikan dari isim ma’rifat. Untuk pembahasan tentang isim ma’rifat sendiri sudah dijelaskan pada tulisan sebelumnya, Untuk melihat penjelasan tersebut lebih lanjut silahkan lihat disini : Pengertian Isim Ma’rifat

Di dalam bahasa Indonesia, isim nakirah sama halnya dengan kata yang bersifat umum, ia tidak terkait pada satu benda tertentu misalnya kata ikan, ia masih termasuk kata yang sifatnya umum (nakirah) lain halnya dengan kata ikan mas yang sudah menunjukan jenis ikan tertentu (ma’rifat).

Pengertian Isim Nakirah Bahasa Arab

Definisi Isim Nakirah

Pengertian isim nakirah menurut ilmu nahwu ialah sebagai berikut :

كُلُّ اسْمٍ شَائِعٍ فِى جِنْسِهِ لاَ يَخْتَصُّ بِهِ وَاحِدٌ دُوْنَ آخَرَ

yaitu setiap isim yang jenisnya bersifat umum yang tidak menentukan sesuatu perkara dan lainnya.

Baca Juga :   Kalimat Fiil Madhi : Pengertian Beserta Contohnya

Selain itu, isim nakirah ialah isim yang layak dimasuki alif dan lam sehingga nantinya ia menjadi isim ma’rifat, contoh سَيَّارَةٌ (mobil) → ini termasuk isim nakirah karena dari segi arti juga masih umum, lain halnya jika ia sudah dimasuki alif dam lam seperti السَيَّارَةٌ (sebuah mobil) ia termasuk isim ma’rifat karena sudah dimasuki alif dan lam.

Baca juga : Pengertian Mubtada dan Khabar

Demikianah pembahasan ilmu nahwu bahasa arab mengenai pengertian isim nakirah lengkap beserta contohnya dalam bahasa arab. Semoga bermanfaat, .

Advertisement
Pengertian Isim Nakirah Bahasa Arab | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: