Pengertian Jamak Muannats Salim Beserta Contoh Kalimatnya

Pengertian Jamak Muannats Salim dan Contohnya

Pengertian Jamak Muannats Salim – Setelah mengetahui bagaimana pengertian isim mufrod kemudian dilanjutkan dengan pengertian jamak taksir, dimana kedua pengertian ini telah dijelaskan pada postingan sebelumnya. Bila anda belum mengetahuinya, silahkan anda lihat pada kategori bahasa arab atau langsung cari pada kotak pencarian pada bilah pencarian yang ada di sebelah kanan.

Pada tulisan ini, kita akan membahas tentang bagaimana pengertian isim jamak muannats salim dan bagaimana contohnya dalambentuk kalimat bahasa arab sehingga aka lebih mudah untuk difahami oleh teman-teman yang sedang belajar ilmu nahwu.

Pengertian Jamak Muannats Salim Beserta Contoh Kalimatnya

Pengertian Isim Jamak Muannats Salim

Pengertian jamak muannats salim secara bahasa berarti kata yang mempunya makna jamak (banyak) yang menunjukan muannats(ditandai ta marbutoh (ة)) kemudian ia tetap berada pada bentuk mufrodnya. Arti kaja jamak adalah “banyak” kemudian kata muannats adalah “menunjukan” kalimat muannats atau perempuan dan salim maksudnya adalah ia tetap dalam bentuk mufrodnya, jika ia telah berubah dari bentuk mufrodnya berarti ia tidak “salim” lagi maka tidak termasuk dalam kategori jamak muannas salim.

Adapun pengertian jamak muannats salim menurut istilah ialah sebagai berikut :

مَا جُمِعَ بِأَلِفٍ وَتَاءٍ مَزِيْدَتَينِ

Artinya : lafad yang dijamakkan dengan memakai alif dan ta yang ditambahkan.

Maksud dari pengertian jamak muannats salim secara istilah di atas adalah lafad yang memiliki makna jamak (banyak) akan tetapi makna jamaknya tersebut lahir akibat ditambahkan huruf ali dan ta. Lafadz yang dijamakan menggunakan alif dan ta ini haruslah lafadz yang memiliki bentuk mufrod contoh : lafadz مُسْلِمَةٌ yang memiliki bentuk tunggal kemudian dijamakkan dengan ditambahkan huruf alif dan ta menjadi مُسْلِمَاتٌ.

Maka, jika alif dan ta tersebut bukan huruf yang ditambahkan maka ia bukanlah termasuk kategori jamak muannats salim misalnya lafadz أَوْقَاتٌ yang memiliki bentuk tunggal lafadz وَقْتٌ. Huruf alif dan ta pada lafadz أَوْقَاتٌ tersebut bukanlah dua huruf yang ditambahkan akan tetapi ia adalah huruf asal, dan lafadz أَوْقَاتٌ tersebut termasuk isim jamak taksir (lihat tulisan sebelumnya : Pengertian Jamak Taksir Dan Contohnya)

Demikianlah sekilas tentang pengertian jamak muannats salim beserta contoh kalimatnya salam bahasa arab, semoga bisa membantu teman-tean dalam memahami kaidah bahasa arab.

Baca Juga :   Tanda Irab Jazm | Ciri I'rab Jazm Dan Contohnya
Advertisement
Pengertian Jamak Muannats Salim Beserta Contoh Kalimatnya | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: