Pengertian Kamus Dan Fungsinya Menurut Ahli Bahasa

Pengertian Kamus Menurut Para Ahli

Pengertian Kamus – Dalam dunia pendidikan, kita tentu akan membutuhkan yang namanya kamus. Ya, kamus ini berguna untuk membantu kita dalam menemukan terjemah atau arti dari suatu kata yang belum kita ketahui sebelumnya. Ketika kita menemukan sebuah kata yang asing atau belum tahu artinya, tentu kita akan membuka kamus bukan? lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kamus tersebut?

Kamus bisa berupa buku fisik, seperti yang sering kita bawa ke sekolah, bisa juga berbentuk non-fisik seperti software kamus dan kamus online. Di era digital seperti sekarang ini, orang cenderung lebih memilih kamus online dengan alasan gratis dan tidak perlu repot dengan membawanya, kita hanya perlu terhubung dengan koneksi interset maka kita lagsung bisa mengakses kamus online tersebut. Baca juga : 5 Kamus Bahasa Indonesia Inggris Online Gratis Untuk Pelajar.

Apa Itu Pengertian Kamus Menurut Ahli Bahasa

Pengertian Dari Kamus

Pengertian Kamus

Secara sederhana, Kamus bisa diartikan dengan : buku rujukan menerangkan makna dari suatu kata. Ada beberapa pendapat mengenai pengertian kamus ini, salah satunya yang pernah diungkapkan oleh Hoetomo M.A ( 2005 : 10 ) yang mendefenisikan Kamus dengan : buku acuan yang memuat kata dan ungkapan yang biasanya disusun menurut abjad berikut dengan keterangan tentang maknanya.

Baca Juga :   Definisi Munada Dalam Bahasa Arab

Kata “kamus” merupakan kata serapan dari bahasa Arab yaitu qamus (قاموس), dan memiliki bentuk jamak kata qawamis. Kata Arab itu sendiri berasal dari kata Yunani Ωκεανός (okeanos) yang berarti ‘samudra’. Asal kata dari kata “kamus” ini jelas menggambarkan pengertian kamus bahwa yang namanya kamus adalah wadah pengetahuan, khususnya pengetahuan yang berkaitan dengan bahasa, baik itu bahasa indonesia, inggris, arab, perancis, mandarin dan lain-lain.

Fungsi Kamus

Fungsi utma dari kamus ini adalah sebagai buku panduan bagi kita ketika kita ingin menemukan makna dari sebuah kata, denga begitu kita akan lebih mudah untuk mencari makna suatu kata yang belum diketahui.

Demikian pengertian kamus dan fungsinya secara sederhana berdasarkan para ahli bahasa.

Yang dicari:

Advertisement
Pengertian Kamus Dan Fungsinya Menurut Ahli Bahasa | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: