Pengertian Maful Min Ajlih

Pengertian Maful Min Ajlih Dalam Ilmu Nahwu Dan Contohnya

Pengertian Maful Min Ajlih – Anggota selanjutnya yang menjadi bagian dari mansubat al-asmai adalah maf’ul min ajlih, terkadang maf’ul min ajlin ini juga disebut maf’ul lah. Sebelumnya telah dibahas kaidah ilmu nahwu yaitu bab laa dimana ini juga merupakan bagian dari anggota mansubat al-asmai.

Baca juga : Definisi Munada Dalam Bahasa Arab

Pengertian Maful Min Ajlih

Maful Min Ajlih

Maf’ul min ajlih muncul sebagai penjelas atas penyebab uterjadinya sebuah perbuatan, singkatnya ia adalah alasan kenapa perbuatan tersebut dilakukan, sebagaimana pengertian maful min ajlih dalam ilmu nahwu :

الاِسْمُ المَنْصُوْبُ اللَّذِى يُذْكَرُ بَيَانًا لِسَبَبِ وُقُوْعِ الفِعْلِ

Artinya : isim manshub yang disebutkan sebagai penjelasan bagi penyebab terjadinya sebuah fi’il (perbuatan).

Contoh :

قَامَ زَيْدٌ اِجْلَالً لِعَمْرٍ = Zaid telah berdiri sebagai penghormatan terhadap Umar

Baca Juga :   Contoh Kalimat Isim Dalam al-Quran

Ketika seseorag ingin menghormati tamunya dalam sebuah acara, biasanya ia akan berdiri, terlebih lagi jika tamu itu adalah seorang yang memiliki pangkat dan jabatan yang tinggi. Pada contoh di atas, yang menjadi contoh maf’ul min ajlihnya ialah lafadz اِجْلَالً yang artinya “penghormatan/menghormati”, dimana sikap berdirinya Zaid dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap Umar.

Dari contoh di atas sudah sangat jelas sekali bagaimana pengertian maful min ajlih dalam ilmu nahwu bahasa arab. Semoga bermanfa’at, .

Advertisement
Pengertian Maful Min Ajlih | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: