Pengertian Modernisasi Dalam Islam | Gerakan Pembaruan

Pengertian Modernisasi Dalam Islam

Pengertian Modernisasi Dalam Islam – Kata modernisasi, menurut kamus besar bahasa Indonesia, proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan atau pemodernan masa kini.[1] Kata modernisasi ini tentunya sangat jelas bukanlah sebuah kata yang asli dari bahasa kita akan tetapi merupakan bahasa yang diambil dari bahasa asing yaitu modernization yang artinya terbaru atau juga Mutakhir, dan kata modernisasi selalu dikaitkan dengan perubahan dalam semua aspek kawasan pemikiran dan aktifitas manusia yang lebih luas.

Saat ini, kata modernisasi telah dipakai dalam bahasa Indonesia untuk merujuk pada sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Pengertian modernisasi yang dikenal dalam istilah barat yaitu pikiran, aliran, gerakan, dan usaha-usaha untuk mengubah paham-paham, adat-istiadat, institusi-institusi lama dan lain-lain, agar semua itu menjadi sesuai dengan pendapat-pendapat dan keadaan-keadaan baru yang ditimbulkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi modern.[2] Lalu, Bagaimana pengertian modernisasi dalam islam ?

Pengertian Modernisasi Dalam Islam

Modernisasi Dunia Islam

sebenarnya banyak pendapat yang mengemukakan tentang masalah modernisasi dalam islam ini salah satunya menurut Abu Al-Hasan Al-Nadawi yaitu usaha untuk menyesuaikan ajaran agama dengan kehidupan kontemporer dengan jalan men-ta’wil-kan atau menafsirkannya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta kondisi sosial masyarakat.[3]

Modernisasi merujuk pada beberapa aspek perubahan, yaitu :

  1. perubahan dengan orientasi pada upaya meninggalkan faktor-faktor atau unsur-unsur kehidupan sosial yang mesti ditinggalkan atau diubah.
  2. perubahan dengan orientasi pada suatu bentuk atau unsur yang memang bentuk atau unsur baru.
  3. suatu perubahan yang berorientasi pada bentuk, unsur, atau nilai yang telah eksis atau ada pada masa lampau.
Baca Juga :   Syarat Dan Rukun Puasa Ramadhan Dengan Pegertiannya

Sebenarnya tidak ada pengertian baku tentang pengertian modernisasi dalam islam ini, pengertian itu akan terus mengalami perubahan sesuai dengan orang atau tokoh yang memberikan pengertian tersebut. Akan tetapi sebenarnya gerakan modernisasi atau pembaharuan dalam islam ini bukanlah suatu hal aneh, modernisasi tersebut mencakup dalam semua aspek kehidupan seperti aspek ekonomi, politik, sosial, budaya dan lain-lain.  Al-Quran sendiri telah mensinyalir terhadap gerakan modernisasi tersebut, terlebih lagi jika modernisasi yang dimaksudkan adalah modernisasi industri seperti yang banyak terjadi di era modern saat ini. Lihat saja firman allah swt yang terdapat dalam surat ar-rahman ayat 33 dan surat saba 10-13. (Baca juga artikel mengenai : ISLAM DAN MODERNISASI)

Itulah sekilas tentang pengertian modernisasi dalam islam, jangan merasa puas pada satu pendapat, mari terus mencari dan belajar lagi sehingga pengetahuan dan pemahaman kita menjadi semakin luas lagi.

[1] Lihat Kamus Besar Bahasa Indonesia

[2] Harun Nasution, Islam Rasional, Bandung : Penerbit Mizan, 1996, hlm. 181.

[3] Abu Al-Hasan Al-Nadawi, Al-Syura Bayn Al-Fikrah Al-Islamiyyah wa Al-Fikrah Al-Gharbiyyah, Maktabah Al-Taqaddum, Kairo, cet.III, 1977, h. 71.

Yang dicari:

Pengertian Modernisasi Dalam Islam | Gerakan Pembaruan | sadunku | 4.5

Tinggalkan Komentar atau Tanya Disini: